Liga Indonesia

Pelatih Persib Tunggu Waktu yang Tepat untuk Mulai Latihan

Sabtu, 27 Juni 2020 12:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, masih menunggu waktu yang tepat untuk memulai latihan lagi jelang kembalinya Liga 1 2020. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, masih menunggu waktu yang tepat untuk memulai latihan lagi jelang kembalinya Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - Pelatih tim Persib Bandung, Robert Rene Alberts, masih menunggu waktu yang tepat memulai kembali aktivitas latihan, untuk persiapan mengarungi lanjutan kompetisi Liga 1 2020.

Menurut pelatih asal Belanda ini, meski Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jawa Barat sudah berakhir dan akan menerapkan kebijakan Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), serta sarana olahraga sudah mulai dibuka lagi, namun timnya belum menentukan tanggal untuk berkumpul dan berlatih kembali. 

Persib rencanannya akan menggunakan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung untuk persiapan menghadapi Liga 1 2020. Program latihan tersebut, bakal digelar secara tertutup, lantaran saat ini penyebaran virus corona atau Covid-19 masih terjadi. 

"Kami tidak bisa langsung menggunakan GBLA. Karena kami harus menunggu beberapa hari, menunggu adanya pedoman maupun peraturan yang benar sebelum memasuki GBLA berdasarkan protokol kesehatan," kata Robert Alberts. 

"Karena kami semua tidak boleh lupa, memang sangat disayangkan, orang-orang berpikir ancaman virus ini sudah usai ketika kebijakan lockdown dicabut. Itu salah, kami harus hidup dalam keadaan new normal, artinya tetap waspada bahwa virus masih ada di sekitar kami. Jadi sebelum kami bisa menggunakan GBLA," jelasnya menambahkan. 

Robert Alberts menuturkan, akan memanggil anak asuhnya untuk berkumpul dan berlatih kembali, setelah kondisi dinilai sudah aman. Sehingga, saat ini pemain Persib masih mendapatkan program latihan mandiri di kediamannya masing-masing untuk menjaga kebugaran. 

"Kami sebagai Persib bahwa kesehatan semua orang yang terlibat di Persib Bandung harus peduli dengan itu, tapi kami mulai menatap ke depan untuk melihat lockdown di Indonesia akan usai dan kami baru akan berlatih setelah dipastikan semua orang yang berpartisipasi di skuat Persib bebas dari virus, baru kami akan mulai berlatih lagi," ungkapnya. 

Sementara itu, saat ini belum ada kepastian mengenai tanggal kick off Liga 1 2020, hal itu juga yang dinantikan oleh Persib. Meski begitu, tim Madura United sudah mendapatkan bocoran kompetisi bakal digelar 18 September atau 1 Oktober.