Liga Spanyol

Celta Vigo dan Kesialan Berulang Barcelona yang Tak Dirasakan Messi

Minggu, 28 Juni 2020 10:17 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Lionel Messi di antara selebrasi pemain Celta Vigo usai menggagalkan kemenangan Barcelona Copyright: © David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Lionel Messi di antara selebrasi pemain Celta Vigo usai menggagalkan kemenangan Barcelona

INDOSPORT.COMBarcelona kembali harus merasakan hasil sial saat melawan Celta Vigo di LaLiga Spanyol, meski hal sebaliknya dirasakan Lionel Messi.

Di tengah persaingan ketat untuk memperebutkan gelar juara dengan Real Madrid dalam kompetisi LaLiga Spanyol 2019/20 yang tinggal menyisakan tujuh pekan lagi, Barcelona justru harus tertahan dari Celta Vigo dinihari tadi, Minggu (28/06/20).

Bermain di kandang lawan, Stadion Municipal de Balaidos, Barcelona sebenarnya bisa dua kali meraih keunggulan lewat gol Luis Suarez. Namun kemenangan yang sudah di depan mata itu melayang, usia Iago Aspas bisa melesatkan gol penyama kedudukan pada menit ke-88.

Hasil imbang 2-2 melawan Celta Vigo memang untuk sementara waktu bisa membuat Barcelona kembali ke puncak klasemen LaLiga Spanyol 2019/20.

Namun dengan masih menyisahakan pertandingan sisa, Real Madrid justru punya peluang besar untuk melebarkan jarak selisih poin, menjadi duaa jika mereka menang melawan Espanyol dinihari besok.

Jadi apapun itu, hasil imbang melawan Celta Vigo jelas sebuah kerugian besar buat Barcelona. Terlebih mereka seakan tak belajar, untuk terus mengulang kesialan yang sama. Kesialan yang sangat mungkin membuat gelar juara LaLiga 2019/20 melayang dari genggaman mereka.

Kesialan Barcelona

© Jose Manuel Alvarez/Quality Sport Images/Getty Images
Lionel Messi tampak lesu usai Barcelona ditahan imbang Celta Vigo Copyright: Jose Manuel Alvarez/Quality Sport Images/Getty ImagesLionel Messi tampak lesu usai Barcelona ditahan imbang Celta Vigo

Hasil imbang melawan Celta Vigo ini pada akhirnya membuat Barcelona seakan tak belajar, bahwa dalam empat pertandingan terakhir di, Stadion Municipal de Balaidos, tak sekalipun kemenagan mereka bisa raih sebelumnya (3 kalah, satu imbang).

Selain itu hasil imbang ini juga membawa Barcelona dalam kondisi buruk hanya bisa meraih satu kemenangan di tiga laga terakhir saat ini.

Catatan tersebut seakan mengulang kesialan klub asal Catatalan itu yang cukup sering mengalami kesulitan untuk bangkit, usai mendapatkan hasil buruk di satu pertandingan (imbang atau kalah).

Beberapa kali Barcelona merasakan hal tersebut, mereka kerap tak konsisten meraih kemenangan usai hanya bemain imbang atau kalah dari lawannya di musim ini.

Setidaknya ada tiga periode berulang terjadi. Mulai dari saat awal musim pasca kalah dari Athletic Bilbao, pada awal November 2019 saat mereka harus gagal meraih dua kemenangan beruntun dari klub yang sebenarnya jauh berada di bawah mereka. Levante (1-3) dan Slavia Praha (0-0) di Liga Champions.

Serta yang terburuk pada pertengahan Desember 2019 hingga awal Januari 2020. Kala mereka hanya bisa menghasilkan satu kemenangan dalam lima laga. Setelah awalnya hanya bermain imbang 2-2 melawan Real Sociedad.

Selain itu hasil imbang melawan Celta Vigo dinihari tadi juga seakan menunjukan kesialan Barcelona, yang selalu gagal menjaga kemenangannya saat sudah memasuki menit-menit akhir.

Satu gol Iago Aspas di menit ke-88 di laga tadi, membuat Barcelona kini sudah kehilangan lima poin di LaLiga Spanyol 2019/20 akibat gol di menit-menit akhir.

Jumlah kehilangan poin itu menjadi yang terbesar dibanding klub lain di LaLiga Spanyol musim ini. Dimana hanya Valencia yang bisa menyamai total kehilangan poin tersebut.