Liga Inggris

Jurgen Klopp Masih Anggap Pep Guardiola Pelatih Terbaik

Minggu, 28 Juni 2020 10:09 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Michael Steele/Getty Images
Meski sudah juara Liga Inggris bersama Liverpool, Jurgen Klopp masih menganggap Pep Guardiola pelatih terbaik di dunia. Copyright: © Michael Steele/Getty Images
Meski sudah juara Liga Inggris bersama Liverpool, Jurgen Klopp masih menganggap Pep Guardiola pelatih terbaik di dunia.

INDOSPORT.COM - Meski Liverpool sudah berhasil jadi juara Liga Inggris, Jurgen Klopp tetap mengaggap sosok Pep Guardiola sebagai pelatih terbaik di dunia.

Seperti diketahui, beberapa hari lalu Liverpool sudah dipastikan jadi juara Liga Inggris setelah poin The Reds sudah tidak bisa disusul lagi oleh The Citizens di klasemen.

Dalam laga Chelsea melawan Manchester City, bisa dikatakan The Blues layak memenangkan pertempuran tersebut. Gol pembuka dilesatkan Christian Pulisic di babak pertama dan disamakan oleh Kevin De Bruyne dan diakhiri oleh penalti Willian.

Alhasil, The Reds memiliki 86 poin dengan memimpin puncak klasemen Liga Inggris musim 2019-2020 dan Manchester City berada di peringkat kedua dengan selisih 23 poin dan hanya menyisakan tujuh pertandingan lagi.

Gelar juara Liga Inggris yang didapatkan Liverpool musim ini merupakan gelar pertama mereka selama hampir 30 tahun lamanya tidak merasakan titel juara di kompetisi domestik sama sekali.

Meski meraih kesuksesan bersama Liverpool dalam beberapa tahun terakhir, Jurgen Klopp sebagai pelatih tidak ingin menganggap pelatih terbaik di dunia saat ini. Menurutnya, Pep Guardiola-lah yang pantas untuk mendapatkan predikat tersebut.

“Saya tidak bisa melakukan apa pun dengan gelar pelatih terbaik di dunia. Saya tahu bahwa bersama dengan seluruh tim, kami adalah pelatih yang sangat bagus, tetapi saya pikir Pep Guardiola adalah pelatih terbaik di dunia,” kata Klopp dilansir dari Soccerway.

Jurgen Klopp mengabdi Liverpool terhitung sejak tahun 2015 lalu. Sebelum itu, dirinya menjadi pelatih di klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund, selama delapan tahun lamanya sejak tahun 2008 dan berakhir pada 2015 silam.

Sejak kedatangan Klopp ke Liverpool, performa The Reds naik secara drastis. Mereka mampu memainkan pola permainan yang luar biasa dan mampu bermain secara konsisten dari setiap pertandingan yang mereka jalani.

Terlebih, pada tahun 2019 lalu, mereka barhasil mendapatkan gelar juara Liga Champions yang sudah mereka nantikan sejak tahun 2005 silam. Tahun sebelumnya mereka gagal mendapatkan trofi si kuping besar itu karena kalah melawan Real Madrid di babak final.

Setelah itu pada tahun yang sama, Mohamed Salah beserta para pemain lainnya berhasil menjuarai kompetisi Piala Dunia Antarklub. Liverpool berhasil menumbangkan perwakilan dari Brasil yakni Flamengo di babak final dengan skor tipis 1-0.

Prestasi itu terbukti lagi setelah mereka berhasil keluar menjadi klub pertama yang mampu mendapatkan gelar juara Liga Inggris dengan waktu tercepat dalam sejarah. Hasil yang dicapai selama ini tak lain berkat dari kerja keras para pemain dan peran penting dari Jurgen Klopp.