Liga Indonesia

Nilai Plus Stadion Gelora Sriwijaya Jadi Venue Piala Dunia U-20 2021

Senin, 29 Juni 2020 07:55 WIB
Kontributor: Muhammad Effendi | Editor: Indra Citra Sena
© Muhammad Effendi/INDOSPORT
Gubernur Sumatra Selatan, H. Herman Deru. Copyright: © Muhammad Effendi/INDOSPORT
Gubernur Sumatra Selatan, H. Herman Deru.

INDOSPORT.COM - Sehari pasca-pengumuman Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2021, Gubernur Sumatra Selatan, Herman Deru, bergerak cepat. Dia langsung meninjau stadion kebanggaan masyarakat Palembang ini.

Herman Deru menyebutkan bahwa Sumatra Selatan sejak awal memang sudah sangat siap menggelar Piala Dunia U-20. Bukan semata karena keberadaan Stadion Gelora Sriwijaya yang sudah berstandar internasional, melainkan juga fasilitas penunjang lain.

Seperti diketahui, salah satu syarat atau kriteria venue Piala Dunia U-20 2021 adalah lima lapangan latihan. Di kawasan Jakabaring Sport City ada dua lapangan di venue atletik, satu di venue akuatik, satu lagi di venue baseball, plus Stadion Bumi Sriwijaya di tengah kota.

"Semula terinfo ke PSSI bahwa Sumsel ogah-ogahan, di antaranya lapangan dan venue tidak terawat, namun setelah berkunjung dan meninjau langsung lapangan yang ada di Palembang, mereka tertarik," kata Herman Deru saat diwawancarai awak media, Minggu (28/6/20).

Setelah menyambangi kawasan Jakabaring Sport City dan melihat langsung stadion, PSSI memasukkan Gelora Sriwijaya dalam 11 besar stadion venue Piala Dunia U-20 2021.

"Dan diseleksi lagi dengan berbagai kajian teknis dan nonteknis serta persiapannya. Kami akhirnya dipercaya menjadi enam besar," ujar Herman.

Disebutkan bahwa kondisi lapangan Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring Palembang bertaraf internasional. Rumput kelas dunia, kapasitas 23.000 penonton kursi dengan single seat di bagian tribun, hingga transportasi yang mudah di akses.

"Jadi perlu kami sampaikan, jika semua sudah sangat siap. Sumsel punya fasilitas dan dikenal mancanegara karena seringkali menggelar kegiatan internasional," jelasnya

Lebih lanjut, pihaknya optimistis bisa masuk dalam empat besar stadion utama penyelenggaraan Piala Dunia U-20. Namun, ia berharap supaya enam stadion yang sudah dideklarasikan seluruhnya bisa menjadi venue turnamen.

Untuk renovasi dan penambahan fasilitas pendukung lain, Herman Deru mengaku sudah berkoordinasi dengan BUMD dan BUMN yang ada di Sumsel. Hal itu lantaran kondisi keuangan pemerintah daerah kini difokuskan untuk penanganan virus corona.

Untuk diketahui, PSSI telah menyatakan ada enam stadion terpilih, yakni Stadion Utama Gelora Bung Karno (Jakarta), Si Jalak Harupat (Bandung), Gelora Sriwijaya (Palembang), Gelora Bung Tomo (Surabaya), Manahan (Solo), dan Kapten I Wayan Dipta (Gianyar).