Liga Indonesia

Penyerang PSM, Ezra Walian Kenang Momen di Akademi Ajax Amsterdam

Rabu, 1 Juli 2020 20:36 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Penyerang milik klub Liga 1 PSM Makassar, Ezra Walian, mengenang momen saat memperkuat salah satu klub yang memiliki akademi sepak bola terbaik di dunia, yakni Ajax Amsterdam.

Penyerang naturalisasi Indonesia ini bergabung ke akademi yang melahirkan pemain top dunia seperti Johan Cruyff, Edgar Davids, Patrick Kluivert, dan Mathijs de Ligt tersebut pada tahun 2012 silam.

"Saya bergabung ke akademi Ajax Amsterdam saat berusia 15 tahun setelah membeli saya dari AZ Alkmaar," ungkap penyerang yang kini berusia 23 tahun ini dalam sebuah podcast beberapa waktu lalu.

© Tom Dulat/Getty Images
Seorang remaja keturunan Indonesia, Ezra Walian saat bermain untuk Ajax Amsterdam. Copyright: Tom Dulat/Getty ImagesEzra Walian saat bermain untuk Ajax Amsterdam.

Saat pertama kali menginjakkan kaki di akademi klub ibu kota Belanda tersebut, Ezra Walian yang juga pemilik nomor punggung 10 di PSM Makassar ini mengaku sangat terkesan dengan profesionalisme dan sejarah besarnya.

"Debut pertama saya saat tur pra musim yang tak terlupakan di Singapura melawan klub besar seperti Manchester City dan FC Porto. Saya bermain dengan banyak pemain yang luar biasa, itu adalah masa yang sangat baik," tutur dia.

Lima tahun menimba ilmu di akademi Ajax Amsterdam, Ezra Walian lalu dibeli oleh Almere City pada tahun 2017. Ia sempat dipinjamkan ke RKC Waalwijk sebelum bergabung ke PSM Makassar pada tahun 2019 lalu.