Bola Internasional

Kepanitian Piala Dunia Diambil Alih Negara, PSSI: Kami Fokus di Timnas Saja!

Jumat, 3 Juli 2020 14:28 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Lanjar Wiratri
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
PSSI mencoba berbesar hati ketika Panitia penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 atau Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) diambil alih oleh negara. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
PSSI mencoba berbesar hati ketika Panitia penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 atau Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) diambil alih oleh negara.

INDOSPORT.COM - PSSI mencoba berbesar hati ketika Panitia penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2021 atau Indonesia FIFA U-20 World Cup 2021 Organizing Committee (INAFOC) diambil alih oleh negara. Alih-alih merasa tidak dilibatkan, PSSI kini fokus untuk membina Timnas Indonesia yang akan berlaga di Piala Dunia U-20.

Jabatan Ketua INAFOC dijabat oleh Menpora, Zainudin Amali. PSSI sebelumnya dikabarkan mengelola kepanitian Piala Dunia U-20 2021, namun setelah Rapat Terbatas yang dipimping langsung oleh Presiden Joko Widodo, kepanitiaan tersebut diambil alih negara.

Memang bukan tanpa alasan pengambil alihan ini. Sebab dana yang digunakan adalah menggunakan dana dari APBN.

Hal ini pun disambut baik oleh PSSI. Melalui Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan bahwa hal ini adalah suatu hal yang biasa.

"Itu bukan ambil alih, bisa-bisa saja karena di Rusia dan Italia juga pernah, jadi karena ini uang-uang negara dan saya pikir biar saja negara yang mengelola itu," kata Iriawan.

Lebih lanjut, lelaki yang akrab disapa Iwan Bule itu menjelaskan dengan adanya keputusan itu PSSI bisa fokus dengan Timnas Indonesia yang akan turun di ajang tersebut.

"Kami juga biar tenang dan konsentrasi di timnas, yang penting kan lancar. Buat saya kalau sukses penyelenggaraan sama sukses timnas jadi senang. Indonesia juga akan bangga," tambah Iwan Bule.

"Itu lebih baik buat saya. Jadi kami bisa fokus, kami akan bawa Timnas Indonesia TC (training camp) ke mana bisa fokus. Jadi kami fokus ke timnas saja," tutup Iwan Bule.

PSSI sendiri kini fokus mempersiapkan Timnas Indonesia U-19 untuk Piala Dunia U-20 tahun depan. Pelatih Korea Selatan, Shin Tae-yong diharapkan mampu membawa Timnas U-19 meraih hasil maksimal saat Indonesia menjadi tuan rumah.