Liga Indonesia

On This Day: Penentuan Nasib Dua Tim Promosi, Persepam dan Barito

Jumat, 3 Juli 2020 15:07 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Arum Kusuma Dewi
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Nasib dua tim berstatus promosi di kompetisi ISL lantas tak berubah drastis, meski Persepam Madura United menang tipis 1-0 atas Barito Putera di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (03/07/13).

Ya, dua tim itu adalah pendatang baru di kompetisi ISL, selain Persita Tangerang. Namun, nasib keduanya sangat kontras ketika berhadapan dengan sejumlah tim papan atas seperti Arema, Persipura, Persija dan tim dengan kekuatan tradisional lainnya.

"Walau sebagai tim baru di ISL, Barito Putera sangat bagus musim ini dan lebih bagus dibanding kami," ujar Pelatih Persepam MU, Daniel Roekito dalam pemberitaan Okezone. 

Kendati demikian, kemenangan 1-0 itu cukup melegakan bagi Persepam di tengah keringnya angka. Setelah pada tur away ke Kalimantan Timur, Persepam tak mengais satu poin pun dari dua kali kekalahan di markas Persiba Balikpapan dan Mitra Kukar.

Gol tunggal Rosy Noprihanis pada menit 43, sudah cukup bagi Persepam untuk mengemas 3 angka. Meski hasil positif itu sempat diiringi kontroversial, saat gol Djibril Coulibaly pada menit 64 dianulir oleh Wasit Handri Kristanto.

Kemenangan tersebut sekaligus mengulangi torehan serupa di pentas Divisi Utama (11/03/12). Waktu itu, satu gol tim Laskar Antasari juga dianulir wasit sehingga skor menjadi 2-1 untuk kemenangan Persepam MU.

Meski kalah, Barito Putera tetap bertahan di jajaran 6 besar klasemen ISL dengan meraup 46 poin dari 27 laga. Sedangkan Persepam MU masih berkutat di papan tengah dan terancam jurang degradasi setelah menghuni peringkat 13 dari 18 tim ISL.

Persepam MU (4-4-2)
Alfonsius Kelvan (K) Fachrudin Aryanto, Michael Orah, Deny Rumba, Abu Bakar Sillah/Firly Apriansyah 91 (B) Khoirul Mashuda, Ali Khaddafi, Rosy Noprihanis, Christoph Gomez (T) Busari/Isaac Djober 24, Zaenal Arif/Alain NKong 68 (D)
Pelatih: Daniel Roekito

Barito Putera (4-4-2)
Dian Agus Prasetyo (K) Agus Cima, Fatkhul Rahman, Hendry Njobi Road, Dae-woon Ha (B) Mekan Nasyrov, Konate Makan, Dedi Hartono/Rizky Pora 57, Oktavianus Maniani (T) Amirul Mukminin/Yongki Aribowo 85, Djibril Coulibaly (D)
Pelatih: Salahudin