Liga Indonesia

Belajar dari Pengalaman, Barito Putera Enggan Liga Lanjut Saat Pandemi

Rabu, 1 Juli 2020 17:31 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Keluarga besar Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, buka suara soal rencana kelanjutan Liga 1 2020. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Keluarga besar Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, buka suara soal rencana kelanjutan Liga 1 2020.

INDOSPORT.COM - PSSI telah memutuskan untuk menggulirkan kembali kompetisi Liga 1 pada Oktober mendatang melalui SKEP/53/VI/2020 tentang kelanjutan kompetisi dalam keadaan luar biasa Tahun 2020.

Merespons putusan tersebut, keluarga besar Barito Putera menghormati keputusan dari otoritas sepak bola di Tanah Air.

Namun, belajar dari pengalaman yang telah menimpa anggota keluarga, klub kebanggaan warga Banua ini merasakan perlu untuk menegaskan sikap. CEO PS Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman, mengungkapkan ketidaksetujuan apabila Liga 1 2020 dilanjutkan di tengah kondisi saat ini.

"Kami menghormati putusan PSSI, tetapi kami mempunyai pertimbangan dan pandangan lain dalam mencintai bangsa ini ketika menghadapi pandemi Covid-19 yang tengah melanda dunia, termasuk di dalamnya mencintai dunia sepak bola nasional," ucap Hasnuryadi.

Aspek keselamatan dan kesehatan pihak-pihak yang terlibat langsung dalam kelanjutan Liga ini menjadi prioritas. Apalagi, terkait Covid-19 ini, PS. Barito Putera mempunyai pengalaman di mana salah satu personel pernah terpapar virus ini dan dirawat lebih satu bulan di rumah sakit di Banjarmasin.

"Kami merasakan betapa sulit dan sakitnya anggota keluarga kami saat harus melawan pandemi ini," tuturnya.

Untuk itu, manajemen PS Barito Putera memilih mengambil sikap mengutamakan kehati-hatian dibandingkan di kemudian hari harus menghadapi kondisi yang sarat risiko.

"Prinsip kami, mencegah lebih baik daripada harus mengobati. Karena risiko cukup besar, kami memilih untuk bersikap hati-hati demi keselamatan ke depan," terang Hasnuryadi lagi.