Liga Indonesia

Markas PSIS Ternyata Sempat Ditawarkan Menjadi Venue Piala Dunia U-20

Minggu, 5 Juli 2020 11:55 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Stadion Jatidiri yang selama ini dikenal sebagai markas PSIS Semarang ternyata sempat ditawarkan untuk menjadi salah satu venue Piala Dunia U-20 2021.

Anggota Exco PSSI, Yoyok Sukawi, bercerita bahwa ia pernah menawarkan soal venue Piala Dunia U-20 kepada Pemprov Jawa Tengah selaku pengelola Stadion Jatidiri. 

Bahkan, dia ketika itu akan memperjuangkan Stadion Jatidiri untuk menjadi salah satu venue walaupun hingga sekarang renovasinya belum beres.

Stadion Jatidiri itu salah satu stadion yang sebenarnya kami usulkan. Saya sudah pernah berkomunikasi dengan Pemprov Jateng kalau memang mau jadi tuan rumah Piala Dunia, maksimal di awal 2021 sudah beres, namun beliau-beliau nampaknya belum berani,” tutur Yoyok Sukawi.

Pria yang juga menjabat anggota Komisi X DPR RI ini mengungkapkan bahwa sebetulnya Stadion Jatidiri cukup layak untuk menjadi kandang karena letak dan akomodasinya terjangkau.

“Stadion Jatidiri ini kan letaknya strategis. Penerbangan ke Semarang banyak, hotel di Semarang banyak, kemudian lapangan penunjang latihan juga masih bisa dikebut karena di Semarang ada banyak, tinggal dipoles sedikit,” jelas Yoyok Sukawi.

Namun, Yoyok Sukawi juga menyadari bahwa situasi pandemi virus corona tampaknya membuat Pemprov Jawa Tengah belum berani menjadikan Stadion Jatidiri sebagai salah satu venue di Piala Dunia U-20 2021.

“Saya juga memaklumi. Pandemi Covid-19 ini kan membuat anggaran Stadion Jatidiri kena rasionalisasi dan dialihkan untuk penanganan Covid-19 itu sendiri,” pungkas Yoyok Sukawi.

Saat ini Stadion Jatidiri sudah menyelesaikan 80 persen pengerjaan dari total renovasi. Sebetulnya di akhir 2020 ditargetkan selesai kalau saja anggarannya tidak terkena rasionalisasi. Namun, adanya pandemi Covid-19 membuat renovasi Stadion Jatidiri sedikit tertunda.

Ganjar Pranowo selaku Gubernur Jawa Tengah beberapa waktu lalu juga telah mengatakan bahwa stadion kebanggaan masyarakat Jawa Tengah ini akan selesai direnovasi pada 2021.