Liga Spanyol

Detik-detik VAR 'Bantu' Lagi Real Madrid Puncaki Klasemen LaLiga Spanyol

Sabtu, 11 Juli 2020 09:55 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasao | Editor: Indra Citra Sena
© Denis Doyle/Getty Images
Menang atas Alaves, Real Madrid sempat terlibat kontroversi VAR yang buat mereka tak terbendung di puncak klasemen LaLiga Spanyol. Copyright: © Denis Doyle/Getty Images
Menang atas Alaves, Real Madrid sempat terlibat kontroversi VAR yang buat mereka tak terbendung di puncak klasemen LaLiga Spanyol.

INDOSPORT.COM - Usai melibas Alaves dengan skor 2-0, Sabtu (11/7/20) dini hari WIB, Real Madrid semakin kokoh di puncak klasemen LaLiga Spanyol. Siapa sangka kemenangan ini didapat mereka berkat VAR.

Berlangsung di Estadio Alfredo Di Stefano, Real Madrid tampil cukup menggila meski tak terlalu agresif. Sergio Ramos nampak hanya menoton lewat sisi lapangan imbas akumulasi kartu, sementara Marcelo batal ikut karena cedera.

Baru berselang 11 menit, tuan rumah memecahkan kebuntuan dan menjadi awal mula kontroversi. Secara mendadak Real Madrid mendapat hadiah penalti kala Ximo Navarro dari Alaves menjegal salah satu pemain tepat di kotak penalti.

Anehnya, tekel Xavaro tak terlalu mengenai kaki Ferland Mendy, tapi wasit dengan bantuan VAR kekeuh menunjuk titik putih di wilayah Alaves. Karim Benzema yang jadi eksekutor langsung sukses menjebol gawang Roberto Jimenez.

Dilansir laman Caught Offside, impian Alaves untuk menyamakan kedudukan malah berujung tragis. Berselang 40 menit kemudian, lagi-lagi VAR memberikan keputusan kontroversi yang membuat Los Merengues tertawa kian lebar.

Bagaimana tidak? Marco Asensio yang mendapat umpan lambung dari rekan setimnya terlihat offside saat melewati para pemain bertahan Alaves. Alih-alih menganulir sepakan sang striker, wasit Hector Carpallo justru menyetujui keputusan VAR jika gol itu sah.

Semalam bukan kali pertama Real Madrid mendapat keuntungan penalti dari VAR. Dua pertandingan terakhir kontra Athletic Bilbao dan Getafe, mereka secara tak lazim mendapat penalti serupa dan mampu menang tipis dengan skor identik 1-0.

Terlepas dari kontroversi yang dibuat oleh VAR, Real Madrid tetap diatas angin dengan total perolehan 80 poin di puncak klasemen LaLiga Spanyol usai sukses menghabisi Alaves dengan skor 2-0.

Dengan tiga laga tersisa, pasukan Zinedine Zidane ini kian dekat sabet juara dengan poin sulit dikejar Barcelona di posisi kedua. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%