Liga Indonesia

Ezra Walian Sebut Pemahaman Taktik di Indonesia Kian Berkembang

Rabu, 15 Juli 2020 16:54 WIB
Penulis: Adriyan Adirizky Rahmat | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Penyerang naturalisasi milik klub Liga 1 PSM Makassar, Ezra Walian, menyebut pemahaman taktik para pesepak bola di Indonesia kian berkembang setiap tahunnya.

Pesepak bola berusia 23 tahun kelahiran Amsterdam, Belanda, ini menilai hal tersebut sangat positif untuk kemajuan prestasi klub maupun Timnas Indonesia.

"Saya harus katakan kalau pemahaman taktik di Indonesia setiap tahun semakin membaik," ungkap Ezra Walian dalam sebuah kesempatan wawancara belum lama ini.

"Tapi harus juga saya akui kalau setiap laga di Liga 1 itu sangat sulit untuk dijalani," sambung jebolan salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia, Ajax Amsterdam ini.

Meski demikian, pemilik nomor punggung 10 di PSM Makassar ini masih menganggap kalau Indonesia masih jauh tertinggal beberapa langkah dibandingkan Eropa.

"Tentu saja dibandingkan Eropa ataupun beberapa negara besar Asia lain, Indonesia masih tetap jauh tertinggal," tutur mantan skuat Timnas Indonesia U-23 diajang Sea Games 2017 silam.

Namun, bagi Ezra Walian ada satu hal yang membuat dunia sepak bola Indonesia memiliki keunggulan dibandingkan kompetisi Eropa atau bahkan negara tetangga di Asia Tenggara lainnya.

"Positifnya, Indonesia memiliki banyak suporter yang tidak akan mudah didapatkan di negara Eropa manapun, mungkin di Inggris banyak suporter tapi di Italia tidak terlalu banyak," jelasnya.

Ezra Walian datang ke PSM Makassar pada jendela transfer paruh musim Liga 1 2019 lalu setelah setelah menganggur beberapa bulan menyusul kontraknya bersama Almere City (Belanda) kedaluwarsa.