Liga Indonesia

Pernah Lawan Ferguson, Bek PSIS Siap Bersaing untuk Piala Dunia

Kamis, 16 Juli 2020 16:57 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Pemain muda PSIS Semarang, Kartika Vedhayanto menjadi salah satu dari 44 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani TC Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Alvin Syaptia Pratama/INDOSPORT
Pemain muda PSIS Semarang, Kartika Vedhayanto menjadi salah satu dari 44 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani TC Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM – Pemain muda PSIS Semarang, Kartika Vedhayanto menjadi salah satu dari 44 pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani TC Timnas Indonesia U-19 secara virtual sejak Bulan Mei lalu hingga sekarang.

Anak dari Tri Mur Vedhayanto ini mengaku memiliki keinginan untuk menembus skuat utama Garuda Muda di ajang Piala Dunia U-20 2021, walaupun harus bersaing dengan beberapa pemain ternama lainnya.

Apalagi jika PSSI jadi menggunakan jasa pemain keturunan Indonesia di luar negeri seperti Joseph Ferguson Simatupang (Blackburn Rovers U-18), Nyoman Paul Fernando Aro (Skovde AIK U-19), Elkan Baggot (Ipswich Town U-18), Jack Brown (Lincoln City FC U-18), dan Stefan Antonic (Kitchee FC).

Wacana tersebut tak membuat Kartika Vedhayanto minder, ia justru lebih semangat dalam berlatih dan membuktikkan kualitasnya di hadapan tim pelatih yang dipimpin Shin Tae-yong.

"Persaingan di Timnas menurut saya terutama menatap Piala Dunia lebih ketat. Soalnya pemain-pemain keturunan yang bermain di luar negeri, jebolan Eropa, itu juga kabarnya akan dipanggil. Kalau itu jadi pasti persaingan lebih ketat," beber Kartika Vedhayanto, Kamis (16/07/20).

Kartika Vedhayanto yang pernah menjadi bagian Garuda Select mengaku sudah mengetahui karakter dan kualitas salah satu pemain keturunan yakni Joseph Ferguson Simatupang.

Sama-sama berposisi sebagai bek sayap, keduanya pernah terlibat dalam satu pertandingan yang sama dan saling duel ketika masih di Inggris.

"Pemain Blackburn Rovers, Joseph Simatupang. Saya pernah ketemu lawan dia saat saya gabung di tim Garuda Select di Inggris yang angkatan pertama," pungkas Vedha.

Sekadar informasi, sebelum Piala Dunia U-20 2021, para pemain Timnas Indonesia U-19 akan lebih dulu melakoni Piala Asia U-19 2021 mulai 14 Oktober mendatang. Indonesia sendiri tergabung di Grup B bersama Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.