Liga Spanyol

Real Madrid Juara, Quique Setien Beri Sinyal Akan Dipecat Barcelona

Jumat, 17 Juli 2020 10:58 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty images
Quique Setien nampak tak akan bertahan lebih lama lagi bersama Barcelona setelah Real Madrid sukses juarai LaLiga Spanyol. Copyright: © Getty images
Quique Setien nampak tak akan bertahan lebih lama lagi bersama Barcelona setelah Real Madrid sukses juarai LaLiga Spanyol.

INDOSPORT.COM - Karier dari Quique Setien sebagai pelatih Barcelona nampak akan segera berakhir setelah Real Madrid sukses menjuarai LaLiga Spanyol 2019-2020. Ia pun memberikan sinyal akan segera dipecat.

Gantikan Ernesto Valverde sejak bulan Januari lalu, eks juru taktik Real Betis ini digadang-gadang bakal menghidupkan lagi taktik Tiki-Taka yang memang khas dengan Catalan. Alih-alih mampu buat hasil gemilang dengan pola permainan penguasaan bola, ia justru gagal total.

Ia tercatat gagal sumbangkan trofi Copa del Rey usai takluk atas Athletic Bilbao pada semifinal. Pada gelaran LaLiga Spanyol pun demikian, sempat berada di puncak klasemen dengan torehan poin tinggi, Barcelona malah tergelincir lewat hasil inkonsisten lawan tim gurem.

Tak punya bukti sumbangkan gelar juara dari Copa del Rey atau LaLiga Spanyol, kini yang tersisa dari Barcelona hanyalah Liga Champions. Meskipun masih punya kesempatan agar bisa bertahan, Setien sangsi bisa tetap melatih El barca dalam waktu lebih lama.

"Saya harap begitu, tapi yang pasti saya tidak tahu. Saya percaya dengan ucapan Lionel Messi terkait banyak hal termasuk evaluasi diri setelah banyak dihujani kritik," ucap pelatih berusia 61 tahun itu kala ditanya masih berada di Barcelona atau tidak dilansir laman berita Marca.

"Saya sepenuhnya yang bertanggung jawab dalam kegagalan ini, saya pikir bisa mengubah tim secara keseluruhan tapi pada akhirnya segalanya sia-sia. Ada suatu bagian yang bisa saya kendalikan, sementara bagian lain tak bisa," imbuhnya.

Setien bukan satu-satunya yang tak senang atas kebahagian Real Madrid, ada Messi yang juga langsung melancarkan ultimatum kepada pihak Blaugrana agar segera berbenah diri jika masih ingin tunjukkan taji di kompetisi ini. Tidak tanggung-tanggung, La Pulga bahkan menganggap timnya sangat lemah.

Melihat akan peluang Setien yang mungkin segera tinggalkan Camp Nou, Messi nampak akan merasa puas karena satu syarat dirinya menetap di Barcelona bakal terpenuhi. Sebelumnya ia menuntut ada penggantian pelatih dan pencopotan jabatan presiden, Jose Maria Bartomeu sebagai bagian dari perpanjangan kontraknya.