In-depth

Andre Schurrle dan Para Bintang yang Memilih Pensiun Dini

Sabtu, 18 Juli 2020 10:10 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Bukan cuma Andre Schurrle, bintang-bintang dunia seperti Marco van Basten pun memutuskan gantung sepatu dari dunia sepak bola di usia muda. Apa penyebabnya?

Kabar mengejutkan datang setelah eks bintang Chelsea dan timnas Jerman, Andre Schurrle memutuskan gantung sepatu meski baru berusia 29 tahun.

Lama tak terdengar kabarnya, mantan gelandang Chelsea asal Jerman, Andre Schurrle, memberikan kabar mengejutkan dengan menyatakan pensiun dari lapangan hijau. Padahal, pemain yang juga sempat membela Fulham itu baru berusia 29 tahun.

Andre Schurrle diketahui memutuskan meninggalkan Borussia Dortmund, Rabu (15/07/20) lalu setelah membatalkan kontraknya bersama klub Bundesliga Jerman tersebut dan diduga akan mencari petualangan baru.

Namun, dilansir Daily Mirror, gelandang yang membantu timnas Jerman meraih gelar Piala Dunia enam tahun lalu itu justru secara mengejutkan memutuskan untuk pensiun. 

“Keputusan itu tumbuh semakin kuat dalam diri saya sejak lama,” katanya kepada Der Spiegel.

Sebelum memutuskan pensiun, Andre Schurrle sebenarnya berstatus sebagai pemain Borussia Dortmund. Namun, selama dua musim terakhir ini dia dipinjamkan ke Fulham dan Spartak Moscow.

Ia juga sempat membela Chelsea selama dua musim, yakni pada 2013-2014 dan 2014-2015 usai meninggalkan Bayer Leverkusen. Sayangnya performanya bersama The Blues kurang meyakinkan sehingga akhirnya ia kembali ke Bundesliga untuk bergabung dengan Wolfsburg.

Prestasi puncak Schurrle diraih bersama timnas Jerman pada tahun 2014 lalu dengan membawa tim Panser menjuarai Piala Dunia. Ia tercatat tampil 57 kali bersama timnas Jerman dengan sumbangan 22 gol dan terakhir tampil pada tahun 2017 lalu.

Ternyata di dunia sepak bola, Andre Schurrle tidaklah sendirian. Terdapat sederet pemain bintang lainnya yang memutuskan pensiun dini. Penyebabnya pun beragam mulai dari persoalan cedera, sampai pada kejenuhan bermain seperti yang dirasakan Andre Schurrle.