Liga Indonesia

Momen Tak Disengaja yang Bikin Bek Bali United Berhenti Jadi Penyerang

Minggu, 19 Juli 2020 14:31 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Lanjar Wiratri
© Bali United
Bek Bali United, Agus Nova Wiantara, mengawali belajar bermain sepak bola sebagai penyerang. Namun, sebuah hal tak disengaja justru mengantarkannya menjadi pemain sepak bola profesional. Copyright: © Bali United
Bek Bali United, Agus Nova Wiantara, mengawali belajar bermain sepak bola sebagai penyerang. Namun, sebuah hal tak disengaja justru mengantarkannya menjadi pemain sepak bola profesional.

INDOSPORT.COM - Bek Bali United, Agus Nova Wiantara, mengawali belajar bermain sepak bola sebagai penyerang. Namun, sebuah hal tak disengaja justru mengantarkannya menjadi pemain sepak bola profesional.

Agus Nova bermain sepak bola atas ajakan tetangganya saat sekolah dasar (SD) kelas 3. Mereka bermain di Lapangan Pegok, Sesetan, Denpasar. Di lapangan itu, ada sekolah sepak bola (SSB) Putra Pegok. Di SSB ini Agus Nova mulai serius jadi pemain.

Dengan badannya yang tinggi, Agus Nova awalnya berposisi sebagai penyerang. Namun, ada momen tak disengaja ketika SSB Putra Pegok akan uji coba. Agus Nova memberanikan diri menjadi seorang bek tengah.

"Waktu itu kita mau uji coba, sedangkan bek kita ada yang sakit, ada yang pulang kampung. Kemudian pelatih tanya, siapa yang bisa jadi bek. Saya angkat tangan, bilang saya bisa jadi bek. Lalu coba-coba, pelatih lihat saya bisa, seterusnya saya jadi bek," ucap Agus Nova kepada Bali United TV.

Agus Nova tak merasa kesulitan ketika menempati posisi baru. Justru dia lebih suka dengan posisi sebagai pemain belakang.

"Lebih nyaman dari pada jadi striker. Saya disuruh lari terus," tutur Agus Nova.

Agus Nova pun kemudian menjelma jadi bek tangguh di Indonesia. Dari awalnya di Bali Devata, Agus Nova kemudian membela Pro Duta FC, Persegres Gresik dan berlabuh di Bali United. Agus Nova sempat berseragam Timnas Indonesia U-21 dan U-23.