Liga Inggris

Kerap Buat Manchester United Celaka, Ini Masalah Utama David De Gea

Selasa, 21 Juli 2020 13:53 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Getty Images
Sering lakukan blunder hingga membuat Manchester United celaka, ini masalah utama David De Gea. Copyright: © Getty Images
Sering lakukan blunder hingga membuat Manchester United celaka, ini masalah utama David De Gea.

INDOSPORT.COM - Berbagai kekalahan yang sempat diderita musim ini oleh raksasa Liga Inggris, Manchester United, dikabarkan berakar dari kipernya. Sering buat klub celaka, ini masalah utama David De Gea.

Bicara soal sepak terjang, Setan Merah sempat mengalami penampilan kurang meyakinkan semenjak kompetisi kasta atas Negeri Big Ben bergulir. Setelah sempat datangkan beberapa pemain baru dan lakukan pembenahan, mereka bisa menebus kesalahan pada paruh musim kedua.

Terbukti lewat kehadiran Bruno Fernandes dan Odion Ighalo membuat klub yang bermarkas di Old Trafford ini lupa akan kekalahan dan sukses menanjak ke peringkat lima klasemen Liga Inggris sementara. Akan tetapi ketika mulai menunjukkan tajinya sebagai tim yang diperhitungkan, mereka punya masalah baru.

Ya, The Red Devils punya masalah dengan blunder yang kerap dilakukan kiper sehingga bisa membuat performa apik mereka bakal sia-sia. Hal ini juga dicermati oleh legenda MU, Mark Bosnich yang merasa ada alasan mengapa De Gea selalu membuat kesalahan berujung petaka.

"Saya sempat bicara terkait performa kontra Tottenham Hotspur dan sudah jelas menurut pandangan teknis, dia (De Gea) memiliki kelemahan ketika memaksa keseimbangan dengan dua kakinya. Terutama pada gol kedua, dia terlihat mundur ke belakang," ucap Bosnich dilansir Manchester Evening News.

"Entah dia bergerak tepat sebelum ada yang menembak keseimbangannya terlihat miring, dan kesalahan ini bisa berujung masalah besar bagi seorang kiper. Manchester United sudah lama mempertahankannya, tapi semenjak sering melakukan kesalahan, mungkin sudah waktunya merelakan De Gea," imbuh kiper legendaris itu.

Bukti nyata dosa penjaga gawang berusia 29 tahun ini terlihat kala The Red Devils karam saat menjamu rival Liga Inggris, Chelsea di semifinal Piala FA, Senin (20/07/20). Dihabisi dengan skor 1-3, De Gea kerap salah menepis bola sehingga buat The Blues berkuasa.

Statistik mengecewakan dengan tiga kali kebobolan di satu laga membuat, De Gea lebih buruk dari Sergio Romero selaku kiper pelapisnya. Perannya pun dipastikan kian tersingkir setelah Manchester United berminat memanggil kembali Dean Henderson yang dipinjamkan ke klub rival Liga Inggris, Sheffield United.