Liga Indonesia

Laris untuk Liga 1, Stadion Sultan Agung Sering Disebut Stadion 'Pacar'

Selasa, 21 Juli 2020 07:05 WIB
Penulis: Alvin Syaptia Pratama | Editor: Indra Citra Sena
© vidio.com
Laga Timnas Indonesia U-23 vs PSIM Yogyakarta di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (2/6/19). Foto: vidio.com Copyright: © vidio.com
Laga Timnas Indonesia U-23 vs PSIM Yogyakarta di Stadion Sultan Agung, Bantul, Minggu (2/6/19). Foto: vidio.com

INDOSPORT.COM - Stadion Sultan Agung, Bantul, menjadi salah satu stadion favorit bagi klub-klub Liga 1 yang ingin berkandang sementara di Yogyakarta.

Tiga tim sudah mendaftarkan stadion berkapasitas 30.000 penonton ini ke PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi jika Liga 1 2020 dilanjutkan pada Oktober mendatang, yakni Persija Jakarta, Bali United, dan PSM Makassar.

Bagi masyarakat Bantul, stadion ini lebih terkenal dengan sebutan Stadion Pacar daripada Stadion Sultan Agung, Bantul. Pacar di sini bukan berarti sebuah pasangan yang identik dengan anak muda memadu kasih.

Stadion Sultan Agung (SSA) sering disebut masyarakat Bantul dengan Stadion Pacar karena masuk ke dalam wilayah Pacar, Sewon, Kabupaten Bantul.

Salah satu awak media redaksi berita olahraga INDOSPORT yang menjalani Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Wilayah Bantul pada 2017 pernah merasakan sendiri ketika ada salah seorang rekannya berdomisili di dekat SSA.

“Rumahnya mana, Mas?,” tanya seorang kepala dukuh di Kecamatan Dlingo, Bantul kepada salah satu peserta KKN.

“Dekat stadion, Pak,” jawab peserta KKN tersebut.

“Stadion Pacar, Sewon?,” cetus kepala dukuh ini.

Jadi, bagi masyarakat luar Yogyakarta yang kebetulan berkunjung ke daerah Bantul dan berkomunikasi dengan warga setempat, jangan terkejut bila warga tersebut menyebut Stadion Pacar ketika membahasakan SSA.

Selain terkenal dengan sebutan Stadion Pacar, Stadion Sultan Agung juga identik dengan wisata kuliner Sate Klatak Pak Pong, yang jaraknya tidak sampai 1 KM dari pintu masuk stadion.