Liga Inggris

Arteta Temukan Reinkarnasi Pires dalam Sosok Wonderkid Arsenal

Rabu, 22 Juli 2020 16:24 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Getty Images
Arsenal kemungkinan besar telah berhasil menemukan The Next Robert Pires dalam sosok wonderkid baru andalan mereka, Bukayo Saka. Copyright: © Getty Images
Arsenal kemungkinan besar telah berhasil menemukan The Next Robert Pires dalam sosok wonderkid baru andalan mereka, Bukayo Saka.

INDOSPORT.COMArsenal kemungkinan besar telah berhasil menemukan The Next Robert Pires dalam sosok wonderkid baru andalan mereka, Bukayo Saka.

Empat belas tahun usai Robert Pires memutuskan untuk hengkang meninggalkan Arsenal dengan persembahan 2 gelar juara Liga Inggris, Mikel Arteta secara gemilang berhasil menemukan suksesor winger legendaris Prancis itu.

Dilansir dari Daily Star, keberhasilan Mikel Arteta menemukan sosok Pires dalam diri Bukayo Saka tak lain karena kebijakan ketat masalah transfer yang ia terima. Dipaksa berhemat, pelatih asal Spanyol itu berhasil memanfaatkan talenta muda yang ada di Arsenal dan sukses mengorbitkan Saka menjadi calon ikon baru Emirates Stadium.

Dengan catatan 11 assist sepanjang musim ini, Saka mengingatkan banyak fans Arsenal pada sosok Pires yang juga sedikit banyak memiliki tipikal permainan yang sama.

Robert Pires sendiri sukses mencatatkan 8 gol dan 9 assist di musim pertamanya bersama Arsenal usai diboyong Arsene Wenger dari Marseille.

Memiliki kontrol bola ciamik dan umpan tarik yang apik, Pires tercatat sukses mencetak 85 gol dan 41 assist sepanjang 283 penampilannya bersama Arsenal.

Sementara Saka yang saat ini masih menginjak usia 18 tahun dipaksa Arteta untuk berperan lebih menyerang dan melebar setelah sebelumnya lebih banyak bermain sebagai bek sayap kiri.

“Saya sangat senang melihat perkembangan yang Saka tunjukkan. Dia memiliki visi yang bagus dan mempunyai kemampuan untuk melakukan sesuatu yang terlihat seperti sihir kala terjepit,” ujar Mikel Arteta.

Bukayo Saka adalah salah satu dari 5 wonderkid milik Arsenal yang berhasil tampil apik sepanjang musim ini. Selain Saka, keempat wonderkid itu adalah Eddie Nketiah, Joe Willock, Reiss Nelson, dan Gabriel Martinelli.