Liga Italia

Hasil Pertandingan Serie A: Udinese vs Juventus, Tertundanya Pesta Juara

Jumat, 24 Juli 2020 02:25 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
© Twitter Juventus
Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, menggiring bola dalam pertandingan Serie A Italia kontra Udinese, Kamis (23/7/20). Copyright: © Twitter Juventus
Megabintang Juventus, Cristiano Ronaldo, menggiring bola dalam pertandingan Serie A Italia kontra Udinese, Kamis (23/7/20).

INDOSPORT.COM – Berikut hasil dan jalannya pertandingan pekan ke-35 Serie A Italia 2019-2020 antara Udinese vs Juventus, Jumat (24/7/20) dini hari WIB.

Babak Pertama

Juventus yang mengusung misi meraih kemenangan menurunkan sebagian pemain terbaiknya. Sejak menit pertama, Bianconeri yang mengenakan jersey tandang biru-biru langsung mengambil inisiatif serangan. Pada menit ke-4 bahkan Cristiano Ronaldo berhasil mengancam gawang Udinese.

Sayang sepakan kaki kirinya dari luar kotak penalti berhasil diselamatkan kiper Udinese, Juan Musso. Il Zebrette pun bukannya tanpa peluang. Pada menit ke-8, Udinese hampir membuka keunggulan andai tandukan Danilo yang berniat menghalau bola tak membentur tiang gawangnya sendiri.

Lini pertahanan Udinese pun nampak kocar-kacir dengan alur serangan yang dilancarkan Juventus. Pada menit ke-13, bek Il Zebrette hampir saja melakukan gol bunuh diri. Semenit berselang Paulo Dybala bahkan membuat Juan Musso berjibaku untuk menyelamatkan gawangnya.

Usai permainan yang cepat di 15 menit pertama, Juventus mulai menguasai pertandingan. Hingga sesaat sebelum water break, Cristiano Ronaldo hampir mencatatkan namanya di papan skor. Akan tetapi tembakannya menyamping tipis dari gawang Udinese.

Setelahnya, Paulo Dybala hampir membuka keunggulan untuk Juventus. Sayangnya sepakannya gagal menemui jala lawan. Bianconeri sejatinya hampir saja menemui nasib sial kala pemain Udinese dijatuhkan oleh Matthijs de Ligt di kotak penalti.

Namun wasit tetap bergeming dan membiarkan pertandingan berjalan. Hal ini memantik protes dari para pemain Udinese yang merasa dirugikan dengan pelanggaran tersebut.

Baru pada menit ke-42 Juventus memecahkan kebuntuan. Berawal dari bola liar yang dibuang pemain Udinese, Matthijs de Ligt mampu meraih bola dan menendangnya secara keras yang akhirnya menjebol gawang Il Zebrette. Skor 1-0 untuk tim tamu.

Skor 1-0 pun bertahan hingga babak pertama Udinese vs Juventus di pean ke-35 Serie A Italia 2019/20.

Babak Kedua

Pasca babak kedua dimulai, Juventus tetap mengambil inisiatif serangan. Namun justru Udinese yang berhasil mengejutkan Si Nyonya Tua pada menit ke-52.

Berawal dari serangan cepat dari kanan pertahanan Juventus, Ken Sema mengirimkan umpan lambung yang diterima dengan baik oleh Ilija Nestorovski yang berhasil menanduknya ke gawang Bianconeri. Skor berubah menjadi 1-1.

Usai gol tersebut, para pemain Udinese nampak tenang dan mampu meguasai pertandingan. Bahkan berkali-kali lini belakang Juventus dibuat berjibaku dengan umpan silang yang dilancarkan pemain Il Zebrette.

Pada menit ke-63, Dybala lagi-lagi hampir menggandakan gol Juventus ketika sepakannya dari luar kotak penalti mengarah ke gawang Udinese. Namun Juan Musso mampu menangkapnya tanpa kesulitan.

Juventus pun nampak kesulitan menembus barikade pertahanan Udinese. Hal ini terlihat dari banyaknya tendangan yang dilancarkan para pemain Bianconeri dari luar kotak penalti.

Masuknya beberapa pemain pengganti bertipe menyerang seperti Douglas Costa dan Juan Cuadrado tak memberi banyak sumbangsih dalam 10 menit sejak keduanya dimasukkan.

Rasa frustrasi nampak di wajah para pemain Juventus memasuki 10 menit berakhirnya waktu normal. Hampir setiap percobaan gagal berbuah menjadi gol.

Tanpa diduga, Udinese yang bermain lebih banyak bertahan memberi kejutan ke Juventus. Tepat pada menit ke-90+3, Seko Fofana berhasil membawa bola dan menceploskannya tanpa kesulitan ke gawang Bianconeri di menit-menit akhir pertandingan. Skor berubah menjadi 2-1 untuk tuan rumah.

Pasca gol tersebut, tim tamu pun mencoba mencetak gol penyama kedudukan. Sayangnya, usaha tersebut dirasa telat. Udinese berhasil meraih tiga poin penuh dan membuat Juventus harus menunda pesta juara Serie A Italia 2019/20 ke pekan selanjutnya.

Susunan Pemain:

Udinese (3-5-2): Juan Musso; William Ekong, Becao, Nuytinck; Ter Avest, De Paul, Fonana, Sema, Zeegelaar; Nestorovski, Okaka

Juventus (4-3-3): Szczesny; Danilo, Rugani, De Ligt, Alex Sandro; Aaron Ramsey, Bentacur, Rabiot; Bernadeschi, Paulo Dybala, Cristiano Ronaldo.