Liga Inggris

Bawa Leeds United Promosi, Lionel Messi Inginkan Marcelo Bielsa di Barcelona

Minggu, 26 Juli 2020 11:42 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Lanjar Wiratri
© Getty Images
Leeds United sukses promosi ke Liga Inggris, Lionel Messi mendesak Barcelona dapatkan jasa Marcelo Bielsa. Copyright: © Getty Images
Leeds United sukses promosi ke Liga Inggris, Lionel Messi mendesak Barcelona dapatkan jasa Marcelo Bielsa.

INDOSPORT.COM - Kesuksesan Leeds United promosi ke Liga Inggris tak lepas dari peran serta Marcelo Bielsa. Takjub, Lionel Messi lantas mendesak Barcelona untuk mendatangkan sang pelatih The Whites untuk menggantikan Quique Setien.

Iri, mungkin itulah yang ada di benak megabintang berjulukan La Pulga ini ketika melihat keberhasilan Bielsa menukangi Leeds. Bagaimana tidak? Barcelona baru saja tertimpa musibah usai gagal pertahankan titel juara kompetisi kasta atas Spanyol dari tangan Real Madrid.

Setelah diterpa berbagai masalah mulai dari konflik internal, krisis finansial, dan kebobrokan manajemen di tangan Presiden Klub, Josep Maria Bartomeu, bisa diambil kesimpulan hancurnya era Barcelona berkat kegagalan pelatihnya. Setien yang ditunjuk sebagai pengganti Ernesto Valverde terkesan kurang bisa bangkitkan taji Catalan.

Tak heran Lionel Messi menganggap sosok Setien tak kompeten sehingga pantas untuk digantikan dan beberapa nama pelatih anyar pun muncul, mulai dari Xavi dan Ronald Koeman. Akan tetapi kini winger Timnas Argentina itu mulai melirik keberhasilan tim tetangga di Liga Inggris, Leeds dibawah naungan Bielsa.

Melansir laman berita The Sun, Messi secara terang-terangan mengusulkan nama Bielsa sebagai pelatih baru Barcelona dengan tujuan mutlak demi masa depan lebih cerah. Tentu ada beberapa pertimbangan yang membuat ia berpikir demikian.

Seperti diketahui sebelumnya, Bielsa pernah menjadi juru taktik legendaris di tingkat Timnas Argentina selama enam tahun (1998-2004). El Loco julukan si pelatih, juga sempat berkarier di klub masa kecil Messi, Newell's Old Boys.

Mengenal akan taktiknya, tak heran membuat Messi sangat rindu sosok mantan pelatihnya itu dan ingin melanjutkan jalinan kerjasama sekali lagi di Barcelona. Selain itu bintang berusia 33 tahun tersebut memang pernah berpendapat agar Bielsa melatihnya lagi agar bisa tetap perkasa hingga saat ini.

Hasrat dari Messi sendiri nampak sangat berdasar, Bielsa memang menjadi pelatih hebat yang bisa mengembalikan kejayaan Leeds United untuk tampil lagi di Liga Inggris setelah 16 tahun terpuruk di kasta bawah. Referensinya pun kian lengkap karena ia menjadi guru dari pelatih ternama seperti Mauricio Pochettino, Diego Simeone, dan Marcelo Gallardo.