Liga Inggris

Bawa Leeds United Naik ke Liga Inggris, Marcelo Bielsa Dipuji Pep Guardiola

Minggu, 19 Juli 2020 15:12 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Lanjar Wiratri
© Alex Dodd - CameraSport/Getty Images
Keberhasilan Marcelo Bielsa membawa Leeds United promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris membuat Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, terkesan. Guardiola pun ta ragu memberikan pujian untuk kesuksesan Bielsa. Copyright: © Alex Dodd - CameraSport/Getty Images
Keberhasilan Marcelo Bielsa membawa Leeds United promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris membuat Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, terkesan. Guardiola pun ta ragu memberikan pujian untuk kesuksesan Bielsa.

INDOSPORT.COM - Keberhasilan Marcelo Bielsa membawa Leeds United promosi ke kasta tertinggi Liga Inggris membuat Pelatih Manchester City, Pep Guardiola, terkesan. Guardiola pun ta ragu memberikan pujian untuk kesuksesan Bielsa.

Leeds United akhirnya secara resmi promosi dengan status sebagai juara Divisi Championship Liga Inggris setelah rival mereka dipastikan tidak bisa mengejer ketertinggalan poin yang sudah dikumpulkan oleh pasukan dari Marcelo Bielsa.

Leeds United sendiri sudah 16 tahun lamanya tidak berada di kasta tertinggi kompetisi Liga Inggris setelah terdegradasi pada tahun 2004 lalu. Akhirnya mimpi untuk bisa bermain kembali di kasta tertinggi Liga Inggris terwujud berkat tangan dingin Bielsa.

Dengan sisa dua pertandingan, Leeds dipastikan berstatus sebagai juara setelah Brentford tumbang di markas Stoke City, sehingga perolehan poin mereka tidak bisa lagi untuk dikejar. Dalam laga sebelumnya, mereka berhasil menang atas Barnsley dengan skor 1-0 pada pekan ke-44.

Sedangkan pesaing mereka West Bromwich Albion tumbang dari Huddersfield Twon dengan skor 2-1 pada laga pembukaan pekan ke-45 yang diselenggarakan pada Sabtu (18/07/20) dini hari WIB. Dengan demikian tiket promosi akhirnya didapatkan oleh Leeds United.

Berkat kecerdasan Marcelo Bielsa dalam merancang strategi selama satu musim bersama Leeds United, mereka akhirnya berhasil mengembalikan posisi di kasta tertinggi Liga Inggris untuk bermain di musim depan.

Kehebatan dari Marcelo Biesla sendiri mendapatkan pujian dari pelatih Manchester City, yakni Pep Guardiola. Mantan pelatih Barcelona ini memberikan komentarnya dan menganggap bahwa Leeds yang terbaik akhirnya bisa bermain di Liga Inggris.

“Yang Terbaik tiba di Liga Primer Inggris,” kata Pep Guardiola dilansir dari akun Twitter milik Pep Team.

Mantan pelatih Bayern Munchen ini dikenal sebagai sosok yang menganggumi Bielsa. Ia adalah mentor dari Pep Guardiola sebelum dirinya mengambil tawaran melatih Barcelona pada tahun 2008 silam.

“Marcelo Bielsa adalah pelatih terbaik di dunia,” kata Pep pada tahun 2018 kala sang mentor masih diisukan bakal melatih Leeds United, dilansir dari Goal Internasional.

Di sisi lain, Pep Guardiola harus menelan kekalahan saat Manchester City berhasil dikalahkan oleh Arsenal pada laga semifinal Piala FA. The Citizens harus berhenti dan mengubur dalam-dalam harapan meraih gelar juara di kompetisi tertua Inggris tersebut.