Liga Indonesia

Apa Kabar Deden Suparhan? Mantan Bek Persib dan Adik Kandung Budiman

Senin, 27 Juli 2020 15:41 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Dok. Pribadi Deden Suparhan
Deden Suparhan merupakan mantan pemain sepak bola profesional yang sempat memperkuat beberapa tim di Indonesia salah satunya Persib Bandung di musim 1996 hingga 2002. Apa kabar dirinya? Copyright: © Dok. Pribadi Deden Suparhan
Deden Suparhan merupakan mantan pemain sepak bola profesional yang sempat memperkuat beberapa tim di Indonesia salah satunya Persib Bandung di musim 1996 hingga 2002. Apa kabar dirinya?

INDOSPORT.COM - Deden Suparhan merupakan mantan pemain sepak bola profesional yang sempat memperkuat beberapa tim di Liga Indonesia salah satunya Persib Bandung di musim 1996 hingga 2002. Apa kabar dirinya?

Tak cuma mantan pesepak bola di Liga Indonesia, Deden Suparhan juga merupakan adik kandung mantan pemain Persib Bandung dan Persija Jakarta, Budiman yang saat ini menjadi asisten pelatih Robert Rene Alberts di tim Persib.

Deden menuturkan, sebelum memperkuat Persib, ia sudah lama menyukai sepak bola dan masuk ke tim Putra Priangan Lembang, kemudian ke PS Djarum dan UNI.

"Pertama dari Putra Priangan Lembang, kemudian ke PS Djanur sama Marek Jonata, terakhir di UNI. Masuk Persib 1996 sampai 2002 kalau gak salah, tahun 2000 cedera lutut di operasi," ungkap Deden kepada INDOSPORT, Senin (27/07/2020).

"Setelah itu Persijatim, ke Depok, Asahan Medan terakhir Persim Maros 2005 sama Asep Dayat," ujar Deden Suparhan menambahkan.

Setelah pensiun sebagai pesepak bola profesional, Deden memilih untuk fokus bekerja di salah satu Dinas di Kota Bandung. Meski begitu, ia tetap menyempatkan waktu untuk bermain sepak bola bersama mantan pemain Persib lainnya.

"Sekarang paling kerja saja, masih kalau main bola, sepak bola ceria silaturrahmi, cari keringat kumpul-kumpul sambil seseurian (ketawa-ketawa)," ungkap Deden Suparhan.

Mantan bek kanan Persib Bandung ini menuturkan, tidak memiliki rencana untuk mengikuti jejak sang kakak Budiman yang terjun di dunia kepelatihan.

Meski tidak terjun sebagai pelatih, Deden Suparhan mengaku tetap memantau perkembangan sepak bola Indonesia terutama Kota Bandung. Pasalnya, anaknya mengikuti jejaknya sebagai pesepak bola dan saat ini bermain di UNI.