Bola Internasional

Bukan PSSI, Pelatih Kiper Timnas Indonesia Ternyata Digaji Sendiri oleh Shin Tae-yong

Senin, 27 Juli 2020 17:55 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Wah! Pelatih Kiper Timnas Indonesia, Kim Hae-Woon, Ternyata Digaji Sendiri oleh Shin Tae-yong Bukan PSSI. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Wah! Pelatih Kiper Timnas Indonesia, Kim Hae-Woon, Ternyata Digaji Sendiri oleh Shin Tae-yong Bukan PSSI.

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan mengenai pelatih kiper Timnas Indonesia, Kim Hae-Woon, ternyata digaji sendiri oleh Shin Tae-yong bukan dari PSSI.

Shin Tae-yong membocorkan masalah tersebut lewat wawancara di salah satu kanal Youtube asal Korea Selatan bernama TV Hyungwook Seo sekitar lima bulan lalu.

Dalam judulnya, chanel Yuutube tersebut bahkan menyebut kalau Shin Tae-yong benar-benar tulus ingin memajukan sepak bola Indonesia.

"Ketulusan Shin Tae-yong dengan Indonesia, siapa yang memenangkan tongkat tim ke-1 dan ke-173 di dunia?," tulisnya.

Bahkan video tersebut baru-baru ini juga telah mendapat perhatian dari media Malaysia, vocketfc. Mereka tidak menyangka Shin Tae-yong benar-benar setulus itu.

"Mantan pelatih Timnas Korea Selatan itu harus mengeluarkan uang pribadi karena anggaran PSSI tidak cukup," tulis vocketfc.

"Shin Tae-yong kemudian ditanya lagi mengenai feedback yang didapat dari PSSI atas keputusannya menggaji pelatih kiper sendiri. Ia hanya menjawab bahwa hal ini mungkin akan membuat PSSI semakin percaya akan kesungguhan dirinya," lanjutnya.

Diketahui, sebelum menjadi pelatih kiper, Kim Hae-woon merupakan rekan Shin Tae-yong ketika masih menjadi pemain sepak bola profesional. Mereka berdua pernah sati tim saat di Seongnam Ilhwa Chunma.

Setelah pensiun, Shin Tae-yong dan Kim Hae-woon selalu berkolaborasi dan dimulai dengan menangani Seongnam FC, Timnas Korea Selatan U-20, Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 hingga Timnas Indonesia saat ini.

Sebelum pandemi virus corona menyerang, Kim Hae-woon bahkan pernah dipuji oleh Nadeo Argawinata karena benar-benar total dalam memimpin latihan kiper timnas Indonesia.