Liga Indonesia

Menilai Kemampuan Kiper yang Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

Minggu, 26 Juli 2020 22:06 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© andritany Verified
Menilai Kemampuan Kiper Calon Pengganti Andritany Ardhiyasa yang Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia Copyright: © andritany Verified
Menilai Kemampuan Kiper Calon Pengganti Andritany Ardhiyasa yang Dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Menilai kemampuan para kiper yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia. Akankah layak menggantikan posisi Andritany Ardhiyasa?

Para kandidat penjaga gawang Timnas Indonesia yang dipanggil untuk mengikuti TC jelang laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti memang sedikit menimbulkan kejutan.

Pelatih Shin Tae-yong tidak memasukan nama kiper senior,  Andritany Ardhiyasa, dalam daftar pemain yang menjalani pemusatan latihan.

Ada empat penjaga gawang yang berpotensi menggantikan posisi Andritany Ardhiyasa nanti. Mereka adalah Nadeo Argawinata, Muhammad Riyandi, Miswar Saputra, dan Rivky Mokodompit.

Tak adanya nama Andritany dalam daftar nama yang dipanggil membuat kiper Persija itu langsung menjadi sorotan. Pasalnya, Andritany Ardhiyasa selalu menjadi langganan skuat Garuda beberapa tahun terakhir.

Kendati demikian, pemain asal Jakarta itu enggan memusingkannya. Bahkan, kapten Persija itu justru memanfaatkan situasi yang ada sebagai introspeksi dan evaluasi diri sendiri.

"Saya selalu membuat diri termotivasi untuk membuktikan yang terbaik. Dengan tidak dipanggilnya saya di Timnas kali ini membuat saya harus membenahi apa kekurangan dan memperbaikinya," ujarnya.

Meski Andritany Ardhiyasa terlihat legowo melihat posisinya berpotensi tergantikan, namun yang menarik adalah kemampuan empat kiper yang menjadi kandidat. Apakah mereka layak menempati kiper nomor satu Timnas Indonesia tersebut?

Berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, kemampuan para kiper yang dipanggil Shin Tae-yong ke Timnas Indonesia saat ini:

Nadeo Argawinata
Nama pertama adalah Nadeo Argawinata, penjaga gawang dari klub Bali United tersebut sebelumnya memang pernah menjadi andalan di skuad Garuda Muda sehingga tidak heran jika namanya naik kelas ke timnas senior.

Dengan pemanggilan TC kali ini, maka kiper berusia 23 tahun tersebut untuk kedua kalinya masuk dalam daftar pemain pilihan Shin Tae-yong untuk pemusatan latihan sejak bulan Februari lalu.

Kelebihan Nadeo Argawinata sendiri terletak di postur tubuhnya yang tinggi hingga 187 cm. Angka tersebut mengalahkan Andritany Ardhiyasa yang Cuma 178 cm, serta tiga kandidat kiper yang dipanggil TC saat ini.

Berbekal postur tubuh tinggi miliknya, Nadeo Argawinata bakal bisa mengantisipasi umpan lambung serta mampu menang saat berduel udara dengan pemain lawan.

Muhammad Riyandi
Berikutnya ada Muhammad Riyandi. Penjaga gawang Barito Putera tersebut merupakan kiper termuda dari empat daftar yang dipanggil Shin Tae-yong ke skuat Timnas Indonesia.

Masih berusia 20 tahun, kiprah Muhammad Riyandi tampak sangat cerah. Apalagi jika melihat kariernya bersama Timnas Indonesia U-19, di mana ia mampu mengantarkan Garuda Muda meraih peringkat tiga Piala AFF U-19, juara AFF U-22, serta medali perak SEA Games 2019.

Dengan usia yang sangat muda serta pengalaman bersama skuat Garuda Muda, Muhammad Riyandi bisa menjadi pelecut semangat kiper senior lain di daftar TC kali ini untuk bisa meraih tempat utama.