Liga Indonesia

Dapat Rp50 Miliar, PSSI Minta Restu Pemerintah Agar Sukses di Piala Dunia U-20

Selasa, 28 Juli 2020 17:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Herry Ibrahim
© Kemenpora
Kemenpora berikan dana bantuan sebesar Rp50,6 miliar kepada PSSI untuk Piala Dunia U-20 2021. Copyright: © Kemenpora
Kemenpora berikan dana bantuan sebesar Rp50,6 miliar kepada PSSI untuk Piala Dunia U-20 2021.

INDOSPORT.COM - PSSI baru saja menandatangani MoU perjanjian kerja sama dengan Kementerian Pemuda Olahraga (Kemenpora) terkait fasilitasi pemusatan latihan (TC) Timnas Indonesia U-19 menuju Piala Dunia U-20 2021. PSSI mendapat anggaran dana dari Kemenpora senilai lebih dari Rp50,6 miliar.

Mendapat dana tersebut, PSSI berjanji akan menggunakan sebaik mungkin untuk persiapan Timnas U-19. Ketua umum PSSI, Mochamad Iriawan lantas meminta restu dari pemerintah agar langkah skuat Garuda Nusantara lancar di Piala Asia U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

"Kami laporkan Timnas yang berencana melakukan pemusatan latihan ke luar negeri, rencana disepakati ke Korea Selatan. Namun kita lihat perkembangan," kata Iriawan terkait salah satu rencana penggunaan tersebut.

"Timnas nanti akan ikut Piala AFC bulan Oktober di Uzbekistan (2020). Mohon doa restu dari pemerintah dan Kemenpora, semoga Timnas U-19 yang ada saat ini bisa membawa harum Indonesia di Piala AFC U-19 dan di Piala Dunia U-20," imbuhnya.

Dana yang diberikan pemerintah disetujui untuk keperluan membiayai 46 atlet, pelatih 7 orang, 8 tenaga pendukung.  Sedangkan komponen yang difasilitasi yakni honorarium, akomodasi dan konsumsi, suplemen, try out dan training camp luar negeri, transportasi, peralatan/perlengkapan latihan tanding dan dukungan sport science serta perlindungan kesehatan.

Sementara itu, Kemenpora menyatakan mendukung PSSI dalam persiapan Timnas U-19, baik yang nantinya akan melakukan pemusatan latihan di Indonesia maupun di luar negeri. Pemerintah berharap PSSI mengelola anggaran ini dengan baik.