Liga Indonesia

Kemenpora Tegaskan Liga 1 Bergulir Tergantung PSSI, Tapi...

Jumat, 31 Juli 2020 02:01 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Yosef Bayu Anangga
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Kemenpora melalui Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menegaskan kapan liga olahraga di Indonesia bergulir tergantung cabang olahraga masing-masing, termasuk Liga 1. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Kemenpora melalui Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menegaskan kapan liga olahraga di Indonesia bergulir tergantung cabang olahraga masing-masing, termasuk Liga 1.

INDOSPORT.COM - Kemenpora melalui Sesmenpora Gatot S Dewa Broto menegaskan kapan liga olahraga di Indonesia bergulir tergantung cabang olahraga masing-masing, termasuk Liga 1.

Gatot S Dewa Broto menyampaikan penjelasan tersebut pada acara Dialog bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dengan tema Kapan Liga-Liga Olahraga Bergulir?

"Sepakbola itu PSSI yang menentukan kapan liga itu digulirkan. Tapi poinnya, harus mempertimbangkan dan memperhatikan kebijakan yang diambil Gugus Tugas,” kata Sesmenpora terkait kelanjutan pelaksanaan Liga 1 dan peran PSSI.

Karena itu, lanjutnya, harus ada koordinasi yang rapi antara Kemenpora, Cabor, dan Gugus Tugas. Intinya pemerintah tidak menghalangi namun kita harus patuh pada protokol kesehatan.

"Menpora pada tanggal 11 Juni yang lalu sudah mengeluarkan protokol kesehatan, termasuk masalah olahraga. Secara teknis pelaksanaan protokol kesehatan dibagi menjadi tiga," ujarnya. 

"Kategori pertama adalah untuk kegiatan pelatihan di berbagai tingkat baik pelatnas, pelatda/pelatprov, pelatkab, pelatkot hingga latihan klub. Kedua adalah kategori kegiatan kejuaraan, event, kompetisi, atau turnamen. Ketiga adalah kegiatan olahraga rekreasi atau olahraga masyarakat, " tambahnya.

Sementara itu, Ade Lukman menyampaikan bahwa KONI Pusat sudah membuat buku pedoman untuk kegiatan olahraga di masa pandemi ini.

 "Buku pedoman tersebut sudah kami edarkan ke seluruh KONI Kabupaten/Kota dan ke seluruh cabang olahraga. Kita harapkan, cabor yang ingin membuat pelatihan atau kompetisi, mereka betul-betul mengikuti pedoman tersebut.”

“Buku pedoman tersebut juga dapat masukan dari Gugus Tugas, Kemenpora, dan Kemenkes," jelasnya.

Sementara itu, PSSI sendiri berencana menggelar lanjutan kompetisi Liga 1 2020 pada bulan Oktober nanti.