Liga Inggris

Arsenal Juara Piala FA, Tottenham Hotspur Kena Imbasnya

Minggu, 2 Agustus 2020 09:36 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Twitter Premier League
Selebrasi pemain Tottenham Hotspur dalam pertandingan Liga Inggris kontra Leicester City, Minggu (19/7/20). Copyright: © Twitter Premier League
Selebrasi pemain Tottenham Hotspur dalam pertandingan Liga Inggris kontra Leicester City, Minggu (19/7/20).

INDOSPORT.COM – Tottenham Hotspur terpaksa menerima imbas dari keberhasilan Arsenal menjuarai Piala FA. Langkah Spurs ke Liga Europa musim depan pun kian sulit.

Tottenham Hotspur mengakhiri Liga Inggris 2019-2020 dengan menempati urutan keenam di klasemen akhir. Tim asuhan Jose Mourinho itu mengoleksi 59 poin.

Posisinya itu juga membuat Spurs berhasil memastikan lolos secara otomatis ke zona Eropa alias turnamen Liga Europa untuk musim 2020-2021.

Akan tetapi, tiket ke zona Eropa yang sudah digenggam Harry Kane dkk musnah sia-sia setelah Arsenal berhasil menjadi juara Piala FA. Artinya, mereka harus melewati babak kualifikasi bila masih ingin bermain di Liga Europa musim depan. Bagaimana bisa?

Arsenal berhasil menjuarai Piala FA dengan mengalahkan Chelsea 2-1, Sabtu (01/08/20) malam WIB. Dua gol Pierre-Emerick Aubameyang menyelamatkan muka Arsenal, setelah sempat tertinggal lewat gol cepat Christian Pulisic di menit awal.

Kemenangan ini merupakan gelar pertama Arsenal di bawah asuhan Mikel Arteta. Selain itu, hasil ini juga memberi bonus lain untuk tim yang berbasis di London Utara, yakni berhak ke Liga Europa musim depan.

Hal ini dipastikan berdasarkan perhitungan jatah tujuh slot yang diberikan di Liga Inggris untuk kompetisi Eropa dengan rincian empat ke Liga Champions dan tiga ke Liga Europa.

Empat tim peringkat teratas Liga Inggris berhak ke babak grup Liga Champions secara langsung. Sementara itu, tiga slot Liga Europpa pada awalnya menjadi jatah kampiun Piala FA, Piala Liga Inggris, serta tim peringkat kelima Liga Inggris.

Dengan Man City yang berada di posisi kedua klasemen menjadi juara Piala Liga Inggris, maka satu tiket lolos ke Liga Europa dilimpahkan ke tim penghuni peringkat keenam, yakni Tottenham Hotspur.

Sayangnya, Hotspur harus pasrah menerima nasibnya harus berjuang lagi ke Liga Europa, setelat slot terakhir direbut Arsenal yang menjadi juara Piala FA.