Liga Inggris

Mikel Arteta Ukir Prestasi Langka Usai Raih Gelar Juara Piala FA

Minggu, 2 Agustus 2020 11:30 WIB
Penulis: Mohammad Khalid Syihabuddin | Editor: Isman Fadil
© David Price/Arsenal FC via Getty Images
Mikel Arteta Raih Prestasi Usai Raih Gelar Juara Piala FA Copyright: © David Price/Arsenal FC via Getty Images
Mikel Arteta Raih Prestasi Usai Raih Gelar Juara Piala FA

INDOSPORT.COM - Pelatih Arsenal, Mikel Arteta mampu meraih prestasi gemilang setelah berhasil membawa timnya menjuarai kompetisi Piala FA musim 2019/2020.

Arsenal berhasil keluar sebagai juara Piala FA setelah berhasil mengalahkan Chelsea dengan skor akhir 2-1 pada partai final yang berlangsung Sabtu (01/08/20) pukul 23.00 WIB. Ini menjadikan The Gunners menambah koleksi trofi di ajang tertua Inggris.

Pertandingan dibabak pertama memang terbilang cukup imbang, keduanya saling serang satu sama lain. Alhasil, Chelsea berhasil membobol gawang dari Damian Emiliano Martinez di menit awal babak pertama. Akan tetapi, setelah gol tersebut pola permainan The Blues semakin menurun.

Lalu akhirnya Aubameyang dan kawan-kawan berhasil menyeimbangkan skor melalui gol penalti pada menit ke-28. Skor tersebut bertahan hingga wasit meniupkan peluit pertanda babak pertama telah selesai.

Di babak kedua berjalan 20 menit belum ada lagi aksi menekan yang mebuat skor berubah. Namun, pada menit ke-67. Melalui brance Pierre-Emerick Aubameyanag usai menaklukan penjaga gawang chelsea, Willy Cabelero.

Hasil tersebut membuat The Gunners keluar sebagai juara Piala FA dan berhak lolos ke Europa League musim depan. Keberhasilan yang didapatkan oleh Arsenal ini tak luput dari kerja keras pada pemain dan juga strategi dari Mikel Arteta dalam menangani klub.

Pelatih asal Spanyol tersebut berhasil membuat Arsenal menjadi klub yang luar biasa selama ajang Piala FA musim 2019/2020 ini. Dalam capaian ini, Arteta berhasil mengumpulkan dua prestasi gemilang.

Dilansir dari Opta Joe, hanya Mikel Arteta lah yang berhasil menjadi juara di Piala FA sebagai pelatih dan kapten di Arsenal. Pada tahun 2014 silam, dirinya berhasil membawa The Gunners menjuarai kompetisi tertua tersebut sebagai seorang kapten.

Lalu setelah enam tahun berselang, pelatih asal Spanyol itu akhirnya berhasil menjuarai kompetisi Piala FA kembali. Namun, saat ini dirinya berperan sebagai pelatih tim dan tidak lagi sebagai pemain sepak bola.

Selain hal itu, Arteta juga berhasil mencatatkan namanya sebagai pelatih Arsenal pertama yang mampu meraih gelar jura pada musim debutnya. Sebelum Arteta, George Graham menjadi pelatih yang berhasil mengantarkan Meriam London menjuarai pada musim 1986/1987.

Sementara itu, kedatangan Mikel Arteta ke Arsenal menggantikan posisi dari Unai Emery yang dipecat oleh klub dan digantikannya pada bulan Desember 2019 lalu. tentunya belum genap satu musim, ia berhasil memberikan yang terbaik bagi The Gunners.

Bisa dikatakan bahwa Arsenal menjadi klub pertama yang ditukangi oleh Mikel Arteta selama kariernya sebagai manajer. Sebab, sebelumnya ia hanya menjadi assisten manajer dari Pep Guardiola bersama Manchester City.

Di sisi lain, kemenangan atas Chelsea di laga final Piala FA ini sekaligus menetapkan posisi Arsenal sebagai raja dalam memperoleh trofi sepanjang sejarah Inggris, terhitung sudah sebanyak 14 kali menjuarai kompetisi tertua di dunia tersebut melebihi seluruh tim di Inggris