Liga Indonesia

3 Pemain Asing Persib Tidak Lakukan Swab Tes Saat Tiba di Bandung

Selasa, 4 Agustus 2020 08:25 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Lanjar Wiratri
© Arif Rahman/INDOSPORT
Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, memastikan tidak akan melakukan swab tes bagi ketiga pemain asing yang saat ini masih berada di kampung halamannya. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, memastikan tidak akan melakukan swab tes bagi ketiga pemain asing yang saat ini masih berada di kampung halamannya.

INDOSPORT.COM - Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, memastikan tidak akan melakukan swab tes bagi ketiga pemain asing yang saat ini masih berada di kampung halamannya. 

Menurut Rafi, Wander Luiz, Omid Nazari dan Geoffrey Castillion pasti akan mengikuti swab tes di negaranya. Karena, untuk bisa berangkat ke Indonesia harus mengantongi hasil swab tes negatif covid-19, sehingga saat tiba di Bandung mereka tidak perlu melakukan tes kembali. 

Sebelumnya, mayoritas pemain Persib mengikuti swab tes di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, secara bertahap. Hasilnya, seluruh yang mengikuti tes dinyatakan negatif covid-19. 

"Gak usah mereka ke sini sudah berbekal tes swabnya. Memang keharusan masuk ke indonesia untuk WNA (warga negara asing) harus ada swab tetnya. Sudah cukup kuat," kata Rafi, Senin (03/08/20). 

Dokter yang turut mengantarkan Persib meraih gelar juara Indonesia Super League (ISL) 2014 ini, sedang merencanakan evaluasi setiap beberapa pekan sekali, untuk memastikan kondisi pemain, jajaran pelatih dan official tim tidak ada yang terpapar virus corona. 

"Sekarang saya lagi berpikir supaya nanti per berapa minggu kita evaluasi per dua atau tiga minggu," jelas Rafi.

Rafi menuturkan, rencanannya akan melakukan swab tes kepada pemain lokal yang baru atau akan bergabung dengan tim. Pasalnya, hingga saat ini masih ada beberapa pemain yang belum mengikuti pemeriksaan. 

"Kalau Fabiano kan sudah, dia pulang dari Brasil suratnya sudah ada, cuma yang untuk 3 orang, Supardi, Zulham sama Victor nanti kita lihat, kemungkinan kita lakukan pemeriksaan swab tes. Sama Supardi sudah ketemu baru bicara secara lisan, tapi buat Zulham sama Victor belum ketemu," ucap Rafi. 

Sementara itu, meski mayoritas pemain sudah berada di Bandung sejak awal Juli lalu, namun hingga saat ini belum ditentukan tanggal latihan perdana bagi skuat Maung Bandung. Jika melihat waku yang ada, Persib tinggal memiliki waktu sekitar dua bulan sebelum kick off Liga 1 2020 yang akan berlangsung Oktober mendatang.