Liga Inggris

Membandingkan Wayne Rooney dan Mason Greenwood, Siapa Lebih Tokcer?

Minggu, 9 Agustus 2020 09:50 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Alex Livesey - Danehouse/Getty Images
Membandingkan debut Mason Greenwood dan Wayne Rooney di klub Liga Inggris, Manchester United. Copyright: © Alex Livesey - Danehouse/Getty Images
Membandingkan debut Mason Greenwood dan Wayne Rooney di klub Liga Inggris, Manchester United.

INDOSPORT.COMManchester United kemungkinan besar bakal memiliki ikon baru setelah Mason Greenwood menjalani musim debut yang menakjubkan, mengikuti jejak legenda mereka, Wayne Rooney.

Sama-sama dijuluki bocah ajaib, Greenwood dan Rooney merupakan dua pemain yang berhasil memukau para penggemar The Red Devils lewat penampilan tokcer mereka pada musim debutnya.

Greenwood merupakan pemain ‘asli’ Manchester United. Ditempa di kerasnya Carrington, Greenwood berhasil lulus dan menjalani debut di skuat utama Setan Merah pada musim 2019-2020.

Sementara itu, Wayne Rooney diboyong oleh Sir Alex Ferguson dari Everton pada tahun 2004 dengan banderol sebesar 27 juta poundsterling (Rp518,1 miliar), jumlah yang cukup banyak untuk seorang pemain yang baru berusia 18 tahun saat itu.

Lalu jika mau membandingkan Greenwood dan Rooney, siapa yang lebih tokcer saat musim debutnya bersama Manchester United? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut catatan statistik yang dibukukan dua pemain tersebut pada musim pertama mereka bersama Setan Merah.

Wayne Rooney (2004-2005)

Jumlah laga: 43 pertandingan

Main dari menit awal: 37 kali

Main dari bangku cadangan: 6 kali

Jumlah gol: 17 gol

Jumlah umpan: 6 umpan

Gol per menit: 199,5 menit

Umpan atau gol per menit: 147,5 menit

Mason Greenwood (2019-2020)

Jumlah laga: 47 pertandingan

Main dari menit awal: 24 kali

Main dari bangku cadangan: 23 kali

Jumlah gol: 17 gol

Jumlah umpan: 3 umpan

Gol per menit: 141,8 menit

Umpan atau gol per menit: 120,6 menit

Kedua pemain ini sama-sama mampu mencetak 17 gol di semua kompetisi pada musim debutnya, namun Greenwood masih bisa menambah catatan gol dan umpan miliknya di pentas Liga Europa yang saat ini masih memasuki babak perempatfinal.

Mungkin musim debut Rooney memang lebih menonjol dari Greenwood jika dilihat dari penampilannya sebagai starter. Akan tetapi, Rooney harus mengakui bahwa juniornya tersebut lebih banyak terlibat dalam proses kreasi gol daripada dirinya pada musim 2004-2005 lalu.

Satu yang pasti, Manchester United tak perlu lagi kebingungan mencari sosok ikon baru karena hal tersebut telah ada di dalam diri Mason Greenwood. Bukan menjadi suatu kejutan jika dirinya bakal menjadi sosok yang bersinar di Old Trafford di masa depan.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%