Liga Europa

3 Fakta Mengejutkan Usai Manchester United Menang Dramatis atas Copenhagen

Selasa, 11 Agustus 2020 07:55 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© James Williamson - AMA/Getty Images
Sebanyak tiga fakta menarik tertoreh pada kemenangan dramatis antara Manchester United vs FC Copenhagen di perempatfinal Liga Europa musim 2019-2020. Copyright: © James Williamson - AMA/Getty Images
Sebanyak tiga fakta menarik tertoreh pada kemenangan dramatis antara Manchester United vs FC Copenhagen di perempatfinal Liga Europa musim 2019-2020.

INDOSPORT.COM - Sebanyak tiga fakta menarik tertoreh pada kemenangan dramatis antara Manchester United vs FC Copenhagen di perempatfinal Liga Europa musim 2019-2020. 

Manchester United sukses melaju ke babak semifinal usai menang dramatis atas wakil Denmark, Copenhagen, pada laga perempatfinal Liga Europa yang digelar dalam satu leg di Koln, Jerman, Selasa (11/08/20) dini hari WIB. 

Karena pandemi corona, seluruh pertandingan Liga Europa tersisa musim ini diadakan di Jerman dengan format 1 leg. Laga Manchester United vs Copenhagen sendiri berlangsung di Rhein Energie Stadion, Kota Koln.

Manchester United menguasai jalannya pertandingan melawan Koln. Namun mereka membutuhkan usaha keras untuk bisa menaklukkan pertahanan Copenhagen terutama sang kiper yang tampil gemilang, Karl-Johan Johnsson. 

Pertandingan pun harus dibawa ke babak perpanjangan waktu. Pada babak ini Man United mampu mencetak gol lewat penalti dari Bruno Fernandes. Berikut ini kami rangkum tiga fakta menarik dalam kemenangan dramatis Man United atas Copenhagen di Liga Europa. 

1. 13 Penyelamatan Karl-Johan Johnsson

Meski Man United berhasil lolos ke semifinal, namun penghargaan man of the match mampir untuk kiper Copenhagen, Karl-Johan Johnsson. Johnsson mampu tampil spektakuler dalam laga dini hari tadi. 

Karl-Johan Johnsson mampu mencatatkan 13 penyelamatan dari 14 tembakan mengarah ke gawang yang dilakukan oleh Manchester United. Hanya gol penalti Bruno Fernandes yang gagal diantisipasinya. 

© Sascha Steinbach/Pool via Getty Images
Kiper Copenhagen, Karl-Johan Johnsson, melawan pemain Manchester United, Marcus Rashford, dalam duel Liga Europa 2019/20, Selasa (11/08/20) dini hari WIB. Copyright: Sascha Steinbach/Pool via Getty ImagesKiper Copenhagen, Karl-Johan Johnsson, melawan pemain Manchester United, Marcus Rashford, dalam duel Liga Europa 2019/20, Selasa (11/08/20) dini hari WIB.

Johnsson tercatat menjadi kiper yang paling banyak melakukan penyelamatan dalam satu pertandingan Liga Europa atau Liga Champions sejak musim 2016-2017. 

2. Rekor Clean Sheet Solskjaer

Manchester United mencatatkan clean sheet alias tidak kebobolan dalam 73 persen pertandingan mereka di bawah asuhan Ole Gunnar Solskjaer di Liga Eueropa yakni 8 dari 11. 

Catatan ini menjadi persentase tertinggi pelatih mana pun yang memimpin 10 pertandingan lebih di sebuah klub dalam turnamen Liga Europa musim ini. 

Manchester United berhasil mencatatkan semifinal keduanya dalam empat musim terakhir. The Red Devils terakhir kali mencapai babak ini pada 2016-2017 lalu yang berujung gelar juara saat masih dibesut Jose Mourinho.