Liga Inggris

Jurgen Klopp Jadi Manajer Terbaik Liga Inggris, Liverpool Berpesta

Sabtu, 15 Agustus 2020 19:38 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Ryan Pierse/GettyImages
Berkat penampilannya yang apik bersama Liverpool, Jurgen Klopp meraih gelar Manajer Terbaik Liga Inggris musim 2019-2020. Copyright: © Ryan Pierse/GettyImages
Berkat penampilannya yang apik bersama Liverpool, Jurgen Klopp meraih gelar Manajer Terbaik Liga Inggris musim 2019-2020.

INDOSPORT.COM - Jurgen Klopp sukses menggondol gelar Manajer Terbaik Liga Inggris untuk musim 2019-2020 usai mengantarkan Liverpool ke takhta juara.

The Reds berhasil menjadi kampiun di kompetisi teratas Liga Inggris dengan raihan 99 poin sekaligus memutus kutukan mereka selama 30 tahun. Pencapaian ini, selain berkat penampilan para pemain yang brilian, tentu tidak lepas dari campur tangan ahli taktik yang hebat pula.

Ia juga berhasil membawa The Reds menjadi juara tercepat dengan sisa tujuh pertandingan. Mereka memenangkan 32 dari 38 laga, bahkan mencetak rekor 27 laga tanpa kekalahan.

Gelar prestisius di liga domestik pun menjadi trofi keempat yang disumbangkan Klopp selama masa baktinya di Liverpool. Sebelumnya, Jordan Henderson dkk sudah meraih titel Liga Champions 2018-2019, Piala Super Eropa 2019, dan Piala Dunia Antarklub 2019.

Memenangkan gelar manajer terbaik Liga Inggris 2019-2020, Jurgen Klopp pun harus bersaing dengan sejumlah nama populer lainnya di jagat sepak bola seperti Frank Lampard (Chelsea), Brendan Rodgers (Leicester City), dan Chris Wilder (Sheffield United).

Sebelum menjadi manajer terbaik dalam satu musim, pelatih asal Jerman tersebut tercatat sudah meraih penghargaan bulanan sebanyak delapan kali sejak pertama kali menginjakkan kaki di Anfield dan Melwood.

Ini pun menjadi penghargaan kedua Klopp setelah memenangkan LMA Manager of the Year Award untuk tahun 2020 berkat kiprah dan penampilannya yang apik bersama Liverpool.

Anugerah yang diperoleh Klopp ini layak menambah kegembiraan di kubu Liverpool setelah Trent Alexander-Arnold juga diganjar penghargaan. Ia meraih predikat Pemain Muda Terbaik Liga Inggris 2019-2020.

Bek muda berusia 21 tahun tersebut mengalahkan sejumlah nama seperti trio Manchester United yakni Marcus Rashford, Mason Greenwood, dan Anthony Martial. Selain itu juga ada duo Chelsea, Mason Mount dan Christian Pulisic.

Sementara itu sang kapten, Jordan Henderson, berhasil meraih gelar Pemain Terbaik versi PFA (Football Writers' Association). Musim 2019-2020 memang masanya Liverpool berpesta, ya.