Liga Spanyol

5 Rekrutan Terburuk Barcelona Selama Masa Jabatan Josep Bartomeu

Minggu, 16 Agustus 2020 20:44 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© David Ramos/Getty Images
Berikut lima rekrutan terburuk Barcelona selama masa jabatan Josep Maria Bartomeu. Copyright: © David Ramos/Getty Images
Berikut lima rekrutan terburuk Barcelona selama masa jabatan Josep Maria Bartomeu.

INDOSPORT.COM - Meski berstatus klub top dunia, Barcelona ternyata pernah memboyong sejumlah rekrutan gagal selama era presiden mereka yang ke-40, Josep Maria Bartomeu.

Bartomeu, pria yang kini berusia 57 tahun tersebut mulai menduduki kursi panas di manajemen Blaugrana sejak 2014, menggantikan presiden sebelumnya yang mengundurkan diri, Sandro Rosell.

Untuk diketahui, Rossell pada waktu itu terlibat skandal penggelapan pajak transfer Neymar yang didatangkan dari klub sepak bola Brasil, Santos, pada tahun 2013. Menyusul perkembangan kasus tersebut, Bartomeu yang menjabat wakil presiden pun akhirnya naik takhta.

Selama masa kekuasaannya, Josep Maria Bartomeu kerap diterpa banyak kabar miring, kritik pedas, bahkan caci maki. Namun tak bisa dipungkiri, di sisi lain ia juga berhasil membuat Barcelona menjadi klub yang tampil konsisten di LaLiga Spanyol.

Sejauh ini, Barcelona sudah memenangkan empat gelar liga, empat Copa del Rey, satu Liga Champions, satu Piala Dunia Antarklub, dan trofi-trofi lainnya semasa dinaungi Bartomeu.

Sayangnya, kubu Blaugrana dalam beberapa waktu terakhir tengah dilanda sejumlah masalah pelik, termasuk konflik internal tim dan manajemen, kesulitan dari segi finansial, dan bahkan penurunan prestasi.

Yang teranyar, mereka dipermalukan Bayern Munchen di perempatfinal Liga Champions 2019-2020.

Lionel Messi dkk harus takluk di tangan Die Roten dengan skor fantastis, 2-8, dalam pertandingan yang berlangsung pada Sabtu (15/08/20). Akibatnya, Bartomeu kabarnya akan segera menggelar rapat darurat setelah timnya dibabat habis-habisan.

Tentu kekalahan dari Bayern Munchen bukan satu-satunya masalah pelik yang harus mampir ke kepala Bartomeu. Jika menarik sedikit ke belakang, pria kelahiran 6 Februari 1963 tersebut juga pernah berselisih dengan dewan direksi Barcelona, termasuk Emili Rousaud.

Nama Bartomeu pun sempat digaungkan oleh para petinggi klub, namun bukan untuk dipuji, melainkan dilengserkan. Akan tetapi, alih-alih turun jabatan, ia malah membuat setidaknya enam anggota direksi mengundurkan diri.

Tentu tak ada manusia yang sempurna, begitu pula Bartomeu, yang juga pernah melakukan kesalahan atau menyetejui perekrutan pemain yang ternyata tak sesuai ekspektasi.

Bisa dibilang, Josep Maria Bartomeu adalah salah satu presiden klub sepak bola paling fenomenal dan kontroversial yang kerap menjadi bahan gunjingan publik. Namun selama masa jabatannya, ia telah menjadi saksi banyak pemain datang dan pergi dari Camp Nou.

Nah, dilansir dari Sportskeeda, mari kita lihat lima transfer/rekrutan terburuk yang pernah dilakukan Barcelona selama kepemimpinan Josep Maria Bartomeu. Siapa saja?