Liga Inggris

Ucapan Ferguson Ini Bikin Solskjaer Sukses Bangkitkan Manchester United

Minggu, 16 Agustus 2020 18:43 WIB
Penulis: I Made Dwi Kardiasa | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Sport Bible
Keberhasilan Ole Gunnar Solskjaer menukangi raksasa Liga Inggris, Manchester United ternyata berkat ucapan Sir Alex Ferguson. Copyright: © Sport Bible
Keberhasilan Ole Gunnar Solskjaer menukangi raksasa Liga Inggris, Manchester United ternyata berkat ucapan Sir Alex Ferguson.

INDOSPORT.COM - Ole Gunnar Solskjaer bisa dianggap sukses membangkitkan sepak terjang Manchester United kala lakoni Liga Inggris. Siapa sangka keberhasilan itu juga imbas ucapan pelatih legendaris, Sir Alex Ferguson.

Semua kalangan mungkin masih percaya, taji dari Setan Merah yang hebat berasal dari Ferguson. Bagaimana tidak? Kala ditukangi pelatih berkebangsaan Skotlandia tersebut rentetan trofi langsung memenuhi brankas Theatre of Dreams selama 27 tahun masa baktinya.

Terbukti ketika Fergie ada, Manchester United sukses menangi 13 titel Liga Inggris, lima Piala FA, dan dua Liga Champions. Sayang seiring berjalannya waktu, ia harus memutuskan untuk pensiun pada 2013 silam. Digantikan oleh Louis Van Gaal dan Jose Mourinho The Red Devils nyatanya masih belum bisa seperti sedia kala.

Pada akhirnya harapan itu pun muncul selepas pemecatan Mourinho dan ditunjuknya Ole Gunnar Solskjaer dari seorang caretaker jadi pelatih utama. Ketika eks pemain asal Norwegia itu menjabat posisi penting Solskjaer mengatakan beberapa patah kata yang sukses memicu kegemilangan sepanjang musim ini.

"Saya ingat ketika pertama kali menjabat sebagai pelatih, saya sempat berkirim pesan singkat padanya (Ferguson) untuk merayakan kemenangan perdana atas Cardiff. Dia membantu saya untuk mengerti apa yang diperlukan agar bisa menjadi pelatih hebat Man United," ucap Solskjaer dilansir laman berita Manchester Evening News.

"2020 dibandingkan 1999, dengan banyak perbedaan seperti teknologi dan metode kepelatihan, saya bisa bilang ini merupakan masa kaum milenial dan saya harus membuat gaya berbeda dengan Ferguson. Kami pun saling berdiskusi dan ia membuat saya sadar pentingnya relasi kepada para pemain untuk membentuk suatu klub," tambahnya.

Walaupun sempat mengalami pasang surut ketika membuat MU tak kunjung bangkit, pada akhirnya Solskjaer berhasil menampik segala macam keraguan dengan gaya latihan barunya. Bayangkan saja, sempat jadi pesakitan di awal-awal, kini mereka sukses menjelma sebagai tim apik dengan rekor 19 laga tanpa kalah.

Keberhasilan tim yang bermarkas di Old Trafford tersebut disinyalir lewat kecerdikan Solskjaer untuk mendatangkan pemain baru seperti Bruno Fernandes dan Odion Ighalo. Dua orang ini menjadi peningkat moral para pemain lain hingga bisa munculkan potensi tersembunyi.

Punya formasi andalan 4-2-3-1, Solskjaer bisa dibilang sukses lanjutkan tradisi seorang Ferguson yang memang sudah lama hilang. Tak heran Manchester United saat ini diyakini bisa tampil gemilang seperti merebut titel Liga Europa musim ini dan Liga Inggris musim depan.