Liga Spanyol

Presiden Barcelona Konfirmasi Pemecatan Quique Setien

Senin, 17 Agustus 2020 14:55 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Alex Caparros/Getty Images
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, kabarnya telah mengonfirmasi pemecatan pelatih mereka, Quique Setien. Copyright: © Alex Caparros/Getty Images
Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, kabarnya telah mengonfirmasi pemecatan pelatih mereka, Quique Setien.

INDOSPORT.COM - Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu, kabarnya telah mengonfirmasi pemecatan pelatih mereka, Quique Setien. Paling cepat, pengumuman pemecatan Setien akan dilakukan hari Senin (17/08/20) waktu setempat. 

Tak ada yang menyangka Barcelona menderita kekalahan memalukan 8-2 atas Bayern Munchen di perempatfinal Liga Champions Eropa 2019-2020 dua hari lalu. Hal ini bagaikan puncak dari keterpurukan tim di musim ini. 

Selain gagal bersaing di LaLiga dan Copa del Rey, Barcelona juga dijerat kisruh internal dan masalah finansial yang mengkhawatirkan.

Dilansir dari BBC, dua hari berselang setelah kekalahan memalukan di Lisbon, Josep Maria Bartomeu menyatakan kepada radio lokal, COPE Temp de Juego, dengan mantap bahwa Setien bakal dipecat. "Setien keluar," ujarnya.

Keputusan itu diyakini diambil setelah Bartomeu melakukan pertemuan dengan para petingggi Barca termasuk Direktur Olahraga, Eric Abidal. Bahkan, pengumuman pemecatan bakal dilakukan hari ini juga waktu setempat. Sejumlah nama pengganti pun berseliweran di antaranya adalah Pochettino, Xavi, sampai Koeman. 

Quique Setien datang ke Barcelona untuk menggantikan Ernesto Valverde yang dipecat di paruh musim. Sempat mengundang pro-kontra, Setien akhirnya tetap mulus melatih Blaugrana. 

Namun, di tangan Quique Setien, penampilan Barcelona semakin menurun. Mereka gagal bersaing di LaLiga setelah performa yang melorot di pengujung musim. Puncaknya, Lionel Messi dkk disingkirkan menyakitkan Bayern Munchen di perempatfinal Liga Champions.