Liga Indonesia

Isu Naturalisasi 5 Pemain Brasil, Ini Tanggapan Teco

Jumat, 21 Agustus 2020 13:28 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco tak mengetahui kebenaran dari isu naturalisasi lima pemain muda asal Brasil. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco tak mengetahui kebenaran dari isu naturalisasi lima pemain muda asal Brasil.

INDOSPORT.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco tak mengetahui kebenaran dari isu naturalisasi lima pemain muda asal Brasil. Hanya saja, dia menyebut syarat pindah kewarganegaraan bisa mengganjal Pedro Henrique Bartoli dkk.

Isu naturalisasi pemain muda asal Brasil muncul setelah kehadirannya di tim Arema FC, Persija Jakarta dan Madura United. Lima pemain ini memiliki usia di bawah 20 tahun.

Arema FC kedatangan Pedro Henrique Bartoli Jardim dan Hugo Giherle Correa Grillo. Sementara Persija kedatangan Thiago Apolina Pereira dan Maike Henrique Irine de Lima. Serta Robert Junior Rodrigues Santos ke Madura United.

Isu ini begitu mengagetkan. Apalagi saat ini pelatih Shin Tae-yong sedang mempersiapkan Timnas Indonesia U-19 menuju Piala Asia 2020, serta proyek panjang menuju Piala Dunia U-20 2021.

"Saya tidak tahu soal berita ini. Yang saya tahu, soal naturalisasi ini harus kerja minimal lima tahun di Indonesia," ucap Teco, Jumat (21/8/20).

Teco sangat paham dengan syarat menjadi Warga Negara Indonesia (WNI). Apalagi Teco juga mengintip peluang untuk menjadi WNI. Teco hanya berharap Indonesia bisa sukses di Piala Dunia U-20 2021.

"Mudah-mudahan planning dari coach Timnas dan PSSI merupakan yang terbaik, agar Indonesia punya hasil bagus di Piala Dunia, sesuai target awal," tutur Teco.

Tak diketahui siapa yang melempar ide naturalisasi lima pemain muda asal Brasil tersebut. PSSI melalui sang direktur teknik, Indra Sjafri sudah membantah terlibat dalam proyek naturalisasi lima pemain dari Brasil.