Liga Inggris

Liga Inggris Dihadiri Penonton, Man City dan Spurs Paling Diuntungkan

Jumat, 21 Agustus 2020 10:21 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Kebijakan terbaru Liga Inggris terkait aturan pembatasan penonton musim depan ternyata menguntungkan klub Manchester City dan Tottenham Hotspur. 

Fans sepak bola di Liga Inggris boleh bersukacita karena dalam waktu dekat, mereka bisa kembali menyaksikan timnya bertanding di dalam stadion. 

The Sun mengabarkan, pemerintahan Inggris Raya tengah menghapuskan aturan lockdown pandemi corona. Sebagai antisipasi, sejumlah event olahraga pun dipilih untuk diuji coba digelar dengan penonton. 

Masih dari sumber yang sama, sejumlah pertandingan dengan penonton di stadion akan diuji coba lakukan pada bulan Oktober mendatang. Tentu saja akan ada protokol khusus yang mengiringi. 

Baru-baru ini, aturan baru dikeluarkan yang menguntungkan sejumlah klub. FA memutuskan klub yang memiliki stadion modern alias yang baru dibangun boleh menampung lebih banyak penonton dibanding stadion lainnya. 

Alasan yang mendasari keputusan ini adalah terkait konstruksi bangunan dan protokol kesehatan yang ada. Seperti diketahui, bangunan stadion lama cenderung memiliki lorong-lorong yang sempit, termasuk area toilet. 

Maka dari itu, stadion dengan konstruksi lama akan mendapat pembatasan lebih besar ketimbang stadion yang lebih baru. Itu artinya, tim-tim seperti Manchester City dan Tottenham Hotspur bakal sedikit lebih diuntungkan. 

Seperti diketahui, konstruksi bangunan dari Stadion Etihad dan Tottenham Hotspur Stadium sangatlah modern dengan ciri khas area yang luas/lapang layaknya bandara. 

Pemerintah Inggris menyatakan akan mengizinkan sekitar 30 persen kepasitas stadion untuk dihadiri penonton pada stadion dengan konstruksi modern seperti milik Man City dan Tottenham. Sementara untuk stadion yang lebih lama, mereka mengizinkan 20 persen kapasitas penonton. 

Meski begitu, otoritas Liga Inggris dan Piala FA masih terus melihat perkembangan dan evaluasi untuk melihat segala kemungkinan yang aman untuk diterapkan nantinya.