Liga Inggris

Ada Bisikan Eks Man United di Balik Kepindahan Minamino ke Liverpool

Sabtu, 22 Agustus 2020 19:47 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Takumi Minamino minta saran eks Manchester United sebelum pindah ke Liverpool. Copyright: © Matthew Ashton - AMA/Getty Images
Takumi Minamino minta saran eks Manchester United sebelum pindah ke Liverpool.

INDOSPORT.COM - Ternyata kepindahan Takumi Minamino dari Red Bull Salzburg ke klub Liga Inggris, Liverpool, tidak lepas dari campur tangan eks Manchester United, Shinji Kagawa.

Keduanya memiliki hubungan dekat sebagai kompatriot karena sama-sama bersal dari Jepang. Kagawa yang juga notabene senior Minamino tersebut pun dimintari saran ketika tawaran dari The Reds datang ke Salzburg.

“Saya bertanya, ‘Bagaimana menurutmu?’ dan pada waktu itu saya memang sedang memikirkannya. Ada beberapa tawaran dari klub lain tapi saya tidak bisa kasih tahu siapa,” kata Takumi Minamino seperti diberitakan laman Mirror.

Alasan kuat Minamino berkonsultasi kepada Kagawa sebelum memutuskan hijrah ke Liverpool tidak lain tidak bukan karena mantan pemain Manchester United itu pernah menjadi anak asuh Jurgen Klopp di klub Bundesliga Jerman, Borussia Dortmund.

“Kagawa bilang dia (Klopp) adalah manajer yang bisa mengerti para pemainnya. Saya ingin mendengar apa kata Kagawa karena dia pernah bersama Klopp,” ucap pemain kelahiran 16 Januari 1995.

Bertanya kepada Shinji Kagawa, Takumi Minamino pun seolah mendapat ilham dan jawaban atas apa yang sedang dipikirkannya, baik tentang Jurgen Klopp maupun Liverpool. Ia kemudian memantapkan diri merapat ke Anfield.

Bak keputusan tepat, Minamino pun langsung mencicipi gelar juara Liga Inggris. Kini ia pun hanya perlu beradaptasi dengan lingkungan baru, teman-teman baru, dan yang pasti budaya yang baru pula.

Takumi Minamino didatangkan Liverpool dari RB Salzburg dengan nilai transfer 7,25 juta poundsterling atau sekitar Rp140,5 miliar. Mengalami slow start pada musim perdananya, pemain berusia 25 tahun tersebut sempat susah nyetel dengan skuat The Reds.

“Kami memenangkan liga, saya sangat senang tapi saya juga ingin mencetak assist maupun gol. Saya sangat menyesal tak bisa melakukannya,” ucapnya setelah timnya jadi juara Liga Inggris.

Akan tetapi, Minamino merasa optimistis berada di bawah asuhan Jurgen Klopp. Sesuai kata Shinji Kagawa, pelatih asal Jerman itu memiliki hubungan yang sangat bagus dengan para pemainnya.

Minamino pun setuju dengan ucapan tersebut. Ia bahkan menyaksikan sendiri, bahwa mereka yang tidak mendapat kesempatan bermain pun tidak pernah marah atau berkata kurang ajar tentang Klopp.