Liga Indonesia

Pelatih Persebaya Komentari Isu Naturalisasi Pemain di Timnas Indonesia

Sabtu, 22 Agustus 2020 20:32 WIB
Kontributor: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso. Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso.

INDOSPORT.COM - Sepak bola Indonesia saat ini tengah ramai dengan isu pemain naturalisasi. Ada lima orang pemain asal Brasil berusia muda yang sudah sepakat beberapa klub Liga 1. Melihat hal seperti ini, pelatih Persebaya Aji Santoso memberikan komentarnya.

"Kalau seumpama main di Piala Dunia (U-20), bukan alasan yang tepat untuk berprestasi. Kalau memang main di klub ya boleh saja, sah-sah saja," kata Aji Santoso pada Sabtu (22/08/20).

Lanjut Aji, jika isu naturalisasi dilakukan untuk gelaran Piala Dunia, ia merasa keputusan itu kurang tepat. "Kita ini tuan rumah, bukan melalui kualifikasi. Belum tentu 29-30 tahun lagi jadi tuan rumah," jelas pelatih 50 tahun itu.

Dari pada melakukan naturalisasi pemain, menurut bapak lima orang anak ini, Indonesia punya banyak pemain-pemain muda yang memiliki skill mumpuni untuk Piala Dunia U-20 pada 2021 nanti.

Selain itu Piala Dunia merupakan kesempatan baik untuk pemain-pemain muda Indonesia. "Ini kesempatan langka kepada pemain lokal yang berkualitas dan layak mendapatkan kesempatan ini," tutup Aji Santoso.

Sekedar informasi, beberapa pemain muda Timnas Indonesia U-19 yang nantinya bakal berlaga di Piala Dunia U-20 punya skill mumpuni. Mereka bahkan ada yang membela klub di Eropa.