Liga Indonesia

Apa Kabar Wolfgang Pikal? Pendamping Setia Riedl di Timnas Indonesia

Kamis, 27 Agustus 2020 17:46 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Nama Wolfgang Pikal tentu tidak asing bagi pecinta sepak bola Indonesia. Dirinya melekat menjadi bagian Timnas Indonesia ketika Indonesia dilatih oleh Alfred Riedl.

Ya, selama Timnas Indonesia ditangani oleh Alfred Riedl di situ sudah pasti ada Wolfgang Pikal yang setia menjadi asisten pelatih. Setidaknya banyak kenangan manis yang dirasakan Pikal ketika mendampingi Riedl di Timnas Indonesia.

"Banyak memori saya bersama Riedl di Timnas Indonesia. Tetapu paling senang dan saya merasa terhormat adalah ketika kita lanjut ke Final AFF 2016."

"Saya dan Alfred Riedl dipuji besar atas kinerja kita di Timnas Indonesia," buka Pikal ketika berbincang kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT.

Namun tak hanya di Timnas Indonesia saja. Wolfgang Pikal diketahui sempat menjadi nakhoda salah satu tim besar Indonesia. Ya, pelatih asal Austria ini sempat menjadi pelatih di Persebaya Surabaya. Namun perjalanan Wolgang Pikal bersama Bajul Ijo tak berjalan bagus.

Bagaimana tidak selama enam laga di Liga 1 2019, Pikal gagal memberikan Persebaya kemenangan. Alhasil dia memilih mundur dari pelatih Persebaya.

Kini lama tak terdengar, Wolgang Pikal ternyata sempat menjadi instruktur kepelatihan. Yakni dia menjadi instruktur pada kursus kepelatihan B AFC di Bali.

"Saya sudah kembali ke Indonesia sebenarnya. Saat ini memang saya sedang tidak sibuk, terakhir saya menjadi instruktur kepelatihan di B AFC," ucap Pikal kepada INDOSPORT.

Pikal pun mengaku sudah jatuh cinta dengan sepak bola Indonesia. Terlepas selama enam tahun dia menjadi asisten pelatih di Timnas Indonesia.

Kini pelatih 53 tahun berharap dapat kembali mengabdi di salah satu klub Indonesia. Sejatinya hal tersebut hampir terwujud. Sayang pandemi virus corona yang terjadi di Indonesia menunda hal tersebut.

"Saya mau dan harus kerja di Liga Indonesia. Saya sudah memiliki lisensi AFC Pro dan pengalaman enam tahun di Timnas Indonesia, dan sebagai instruktur pelatih."

"Semoga di tahun 2021 ada klub yang percaya kepada saya. Sebetulnya 1 minggu sebelum liga di stop karena Corona, saya sudah komunikasi serius dengan salah satu klub Liga 1 untuk menjadi Direktur Teknik," beber Pikal.

Sama seperti Pikal, redaksi berita olahraga INDOSPORT juga berharap pandemi virus corona ini bisa segara berakhir dan segala kegiatan, khususnya olahraga bisa kembali berlangsung normal.