Liga Inggris

Ingin Lebih Dekat dengan Son Heung-min, Mourinho Belajar Bahasa Korea

Kamis, 27 Agustus 2020 18:57 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Visionhaus/GettyImages
Son Heung-min (kiri) dan Jose Mourinho, pemain dan pelatih klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur. Copyright: © Visionhaus/GettyImages
Son Heung-min (kiri) dan Jose Mourinho, pemain dan pelatih klub Liga Inggris, Tottenham Hotspur.

INDOSPORT.COM –  Jose Mourinho diketahui mulai mempelajari bahasa Korea Selatan agar bisa memudahkan dia berkomunikasi dengan salah satu pemain Tottenham Hotspur, Son Heung-min.

Son Heung-min, pesepak bola asal Korea Selatan yang bermain untuk Tottenham Hotspur. Berkat talentanya yang cemerlang, dia menjadi andalan tim yang berbasis di London Utara itu dalam dua musim terakhir.

Di sisi lain, Jose Mourinho yang menjadi pelatih Tottenham Hotspur menggantikan Mauricio Pochettino mengungkapkan bahwa komunikasi dengan para pemain itu sangat penting.

Namun masalahnya, dia sempat terkendala dengan bahasa saat ingin berbicara dengan Son. Meski Son mahir berbahasa Inggris, Mourinho merasa mengenal budaya pemainnya lebih membantu dirinya menangani pasukannya.

Itulah mengapa Mourinho mulai mempelajari bahasa Korea. Bahasa Korea menjadi bahasa ketujuh yang mungkin akan dia kuasai, setelah juga juga mahir berbahasa Inggris, Portugis, Spanyol, Catalan, Prancis, dan Italia.

“Komunikasi sangat penting ketika saya bersama kelompok, saya harus menggunakan bahasa asli, yang dipahami semua orang,” kata Mourinho pada peluncuran seri dokumenter All or Nothing yang tayang di Amazon Prime, dilansir dari Sun Sport.

“Ini menghormati budaya klub dengan berbicara menggunakan bahasa masing-masing pemain. Di Tottenham, ada sekelompok staf pelatih Portugis, meskipun kami juga memiliki pelatih Inggris di Ledley King,” lanjutnya.

“Dan dengan para pemain, saya mempelajari bahasa mereka. Itulah mengapa saya belajar bahasa Korea.”

Dengan pendekatan bahasa, Jose Mourinho pun sukses menangani para pemain Tottenham, termasuk Son Heung-min, dalam satu musim terakhir.

Lebih dari itu, performa Son Heung-min juga semakin cemerlang sejak ditangani pelatih asal Portugis itu. Pada musim lalu, dia mencatatkan 41 penampilan di semua kompetisi, dengan sumbangan 18 gol dan 12 assist.