Liga Indonesia

Tragedi Pencoretan Sutan Zico dari Timnas U-19, Sang Ayah Buka Suara

Kamis, 27 Agustus 2020 10:01 WIB
Penulis: Martini | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Pencoretan sebelas pemain seleksi Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong, termasuk Sutan Zico, kini berbuntut panjang. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Pencoretan sebelas pemain seleksi Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong, termasuk Sutan Zico, kini berbuntut panjang.

INDOSPORT.COM - Pencoretan sebelas pemain seleksi Timnas Indonesia U-19 asuhan Shin Tae-yong, termasuk Sutan Zico, kini berbuntut panjang.

Pasalnya, para pemain Timnas Indonesia U-19 baru saja berkumpul pada akhir Juli lalu, dan menggelar latihan ringan seperti kucing-kucingan, dalam kata lain, tidak pernah menggelar laga uji coba.

Kemudian, terjadi pencoretan sejumlah pemain Timnas U-19 termasuk Sutan Zico, dan diumumkan hanya lewat grup Whatsapp, tanpa adanya evaluasi yang diberikan pada tiap-tiap pemain.

Mendengar Sutan Zico tidak lolos seleksi Timnas U-19 dengan format pencoretan yang janggal, sang ayah, Oriyanto Jhosan, pun akhirnya buka suara.

"Namanya pemain sepak bola, dicoret, nggak kepilih, dibilang wajar ya wajar, tapi cara pencoretannya aja yang aneh," ungkap Oriyanto Jhosan dalam Liga Topskor.

Pencoretan Zico dari Timnas U-19 juga mencuri perhatian eks pelatihnya, Fakhri Husaini. Namun, Oriyanto mengaku akan tetap mendampingi Zico berlatih dan memberikan evaluasi.

"Mungkin semua orang juga, semua pelatih, pencinta bola pun bertanya-tanya."

"Zico kalau dicoret, mungkin anak saya ada kekurangan. PR juga buat saya yang sedikit punya ilmu sepak bola, untuk lebih meningkatkan dia lagi, bantu lagi," katanya.

Beruntung, dengan modal prestasi di Elite Pro Academy dan masuk jajaran top skorer Garuda Select, Sutan Zico akhirnya promosi ke tim senior Persija Jakarta di Liga 1 2020.