Liga Indonesia

Begini Kronologi Pencoretan Sutan Zico dari Seleksi Timnas U-19

Kamis, 27 Agustus 2020 09:16 WIB
Penulis: Martini | Editor: Lanjar Wiratri
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Ada keanehan yang terjadi dalam kronologi pencoretan Sutan Zico dari seleksi Timnas Indonesia U-19. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Ada keanehan yang terjadi dalam kronologi pencoretan Sutan Zico dari seleksi Timnas Indonesia U-19.

INDOSPORT.COM - Ada keanehan yang terjadi dalam kronologi pencoretan Sutan Zico dari seleksi Timnas Indonesia U-19.

Sebagaimana diketahui, sebelas pemain seleksi dicoret oleh pelatih Shin Tae-yong, jelang keberangkatan skuat Timnas U-19 untuk TC dan uji coba di Kroasia.

Salah satu pemain yang gagal diboyong ke Kroasia, yakni striker andalan Timnas U-18 sekaligus pemain jebolan Garuda Select, Sutan Zico, yang akhirnya buka suara.

Pencoretan ini memang dirasa tidak biasa, sebab para pemain baru saja mengikuti pemusatan latihan setelah sebelumnya hanya menggelar TC secara virtual.

"Saya kaget, kecewa, kan baru latihan ringan juga, masih ronde 4-2, kucing-kucingan sama jogging, belum ada game," papar Sutan Zico, dilansir dari tayangan Youtube Liga Topskor.

Bahkan, pemain muda Persija Jakarta itu juga merasakan kejanggalan lain. Zico hanya diberi tahu soal pencoretan pemain dari grup Whatsapp, bukan berdasarkan evaluasi.

"Tahunya di grup WA. Biasanya kan dipanggil satu-satu, dikasih tahu alasannya kenapa (dicoret), ini enggak."

"Klub (Persija) juga nggak dikabari sama sekali, tahunya dari saya. Teman-teman pada kaget juga, masa baru latihan ini kok udah kecoret," pungkasnya.

Meski demikian, Zico mengambil pelajaran dari pencoretan pemain Timnas U-19 di bawah arahan Shin Tae-yong. Ia berharap pemain terbaik yang membela skuat Garuda.

Akhir Agustus, Timnas U-19 akan berangkat untuk ujicoba di Kroasia, dilanjutkan dengan babak penyisihan grup A Piala Asia U-19 2020 di Uzbekistan, September mendatang.

Sementara Sutan Zico baru saja mendapat promosi untuk bermain di tim senior Persija Jakarta, dan berpeluang debut di pentas Liga 1 2020.