Bola Internasional

Satu Lagi Bintang Liga Inggris Merapat ke Liga Super China

Minggu, 30 Agustus 2020 15:03 WIB
Penulis: Bayu Wira Handyan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Getty Images
Satu lagi bintang dari Liga Inggris memutuskan untuk hijrah ke Liga Super China (CSL) di bursa transfer pemain periode ini. Copyright: © Getty Images
Satu lagi bintang dari Liga Inggris memutuskan untuk hijrah ke Liga Super China (CSL) di bursa transfer pemain periode ini.

INDOSPORT.COM – Satu lagi bintang dari Liga Inggris memutuskan untuk hijrah ke Liga Super China (CSL) di bursa transfer pemain periode ini.

Kali ini bintang Liga Inggris yang memutuskan untuk merapat ke Liga Super China adalah Aaron Mooy, sosok gelandang andalan yang juga merupakan roh permainan Brighton Hove & Albion.

Mooy dikabarkan telah sepakat untuk menandatangani kontrak sebesar 3 juta poundsterling (58,2 miliar rupiah) per tahun usai klausul rilis miliknya senilai 4 juta poundsterling (78 miliar rupiah) yang hanya bisa diaktifkan oleh klub dari Liga Super China ditebus oleh Shanghai SIPG.

“Aaron (Mooy) adalah pemain yang sangat gemilang. Dirinya berhasil tampil bagus dan profesional sejak debutnya bersama Brighton Hove & Albion,” ujar Graham Potter, pelatih Brighton pada BBC.

“Kepindahannya ke Shanghai SIPG untuk merumput di Liga Super China sama-sama membawa kebaikan, baik untuk Brighton dan juga tentu saja baik untuk dirinya sendiri.”

Mooy dibawa ke Liga Inggris oleh Manchester City yang memboyongnya dari klub afiliasi mereka yang berlaga di A-League (Liga Australia), Melbourne City.

Dirinya lantas dipinjamkan ke Huddersfield Town yang kemudian mempermanenkan statusnya sebelum diboyong oleh Brighton Hove & Albion pada tahun 2019. Sepanjang 96 pertandingan yang dirinya jalani di Liga Inggris, Mooy tercatat berhasil mencetak 9 gol dan 6 umpan.

Nantinya Mooy akan bergabung bersama para bintang asing yang telah lebih dulu merumput bersama Shanghai SIPG seperti Oscar, Hulk, dan Marko Arnautovic. Dirinya akan mengisi slot pemain AFC yang sebelumnya diisi oleh bintang Uzbekistan, Odil Ahmedov.