Liga Indonesia

Bermarkas di Malang, Persipura Harus Tetap Profesional

Senin, 31 Agustus 2020 05:38 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Sudjarwo/INDOSPORT
Legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam, punya pesan untuk tim Mutiara Hitam yang bermarkas di Malang. Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Legenda Persipura Jayapura, Eduard Ivakdalam, punya pesan untuk tim Mutiara Hitam yang bermarkas di Malang.

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura telah memilih Stadion Gajayana, Malang, sebagai markas sementara mereka untuk melakoni lanjutan kompetisi Liga 1 2020 yang akan digelar pada Oktober mendatang.

Legenda Persipura, Eduard Ivakdalam, pun menyarankan kepada eks timnya itu untuk tetap tampil profesional, meskipun tak bermarkas di rumah sendiri.

"Kita tetap harus profesional dan harus siap dengan segala tantangan bermain di mana pun. Di sepak bola modern kita harus sudah siap dengan hal itu," ujar legenda yang akrab disapa Kaka Edu itu, Minggu (30/08/20).

Kendati begitu, Eduard Ivakdalam sempat menuturkan jika bermain di Malang akan menjadi sebuah kerugian bagi suporter dan masyarakat Papua karena tak bisa menyaksikan langsung klub kebanggaannya berlaga di rumah sendiri.

Namun, ia memaklumi karena situasi dan kondisi tidak memungkinkan untuk Persipura bermarkas di Papua selama lanjutan Liga 1 2020. Selain hampir semua stadion tengah disiapkan untuk PON XX, pandemi Covid-19 juga menjadi alasan utama.

"Saya pikir sangat merugikan dari sisi dukungan, karena masyarakat kita sangat mendambakan melihat tim idolanya bermain di rumah sendiri. Tetapi sikon sekarang seperti jelang PON dan Covid-19 membuat persipura harus bermain di luar," ungkapnya.

Saat ini jelang kembalinya Liga 1, tim berjuluk Mutiara Hitam itu tengah intens menjalani pemusatan latihan (TC) di Kota Batu, Malang. Boaz Solossa dan kolega sudah melalui masa TC selama sepekan.