Liga Spanyol

Terkait Polemik Lionel Messi, LaLiga Dukung Barcelona

Senin, 31 Agustus 2020 03:31 WIB
Penulis: Elizabeth Ayudya Ratna Rininta | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images
LaLiga Spanyol turut angkat bicara soal polemik Lionel Messi dan Barcelona. Copyright: © Juan Manuel Serrano Arce/Getty Images
LaLiga Spanyol turut angkat bicara soal polemik Lionel Messi dan Barcelona.

INDOSPORT.COM - La Liga Spanyol akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi terkait polemik antara Barcelona dengan sang megabintang, Lionel Messi.

Dunia sepak bola dikejutkan dengan rumor keinginan Messi untuk meninggalkan Barcelona di bursa transfer musim panas ini. Bahkan, pemain Timnas Argentina itu sudah mengirimkan pesan resmi melalui fax kepada Blaugrana pada 25 Agustus lalu.

Messi ingin pergi secara gratis sesuai dengan klausul yang telah ia sepakati dengan Barcelona pada November 2017 lalu. La Pulga bisa cabut ke klub mana pun tanpa harus dibayar pada akhir musim 2019-2020 ini.

Namun Barcelona bersikekeh untuk mempertahankan Messi atau bisa melepasnya ke klub lain dengan mahar 700 juta euro (sekitar Rp12 triliun) sesuai klausul pelepasannya. Pasalnya, menurut Blaugrana, pernyataan yang ditagih Messi sudah kedaluwarsa.

Harusnya Messi bisa pergi secara gratis pada dua puluh hari setelah musim 2019-2020 atau tepatnya 26 Juni, namun karena adanya pandemi, maka kompetisi harus mundur hingga selesai pada 15 Agustus lalu.

Demi mendinginkan suasana, La Liga Spanyol ikut turun tangan dengan mendukung Barcelona karena menurut klausul, Messi sudah tidak bisa lagi memohon pergi secara gratis karena waktu saat ia mengajukan sudah kedaluwarsa.

"Sehubungan dengan perbedaan interprestasi yang diterbitkan dalam beberapa hari terakhir di berbagai media, terkait dengan situasi kontrak pemain Lionel Messi di Barcelona. LaLiga ingin mengklarifikasi hal ini,” tulis pernyataan LaLiga Spanyol.

“Dalam kontrak tertulis, “klausul penghentian” (Messi bisa pindah secara gratis) terjadi jika Messi memutuskan mengaktifkan klausul secara sepihak maksimal tanggal 26 Juni 2020, sesuai hubungan kerja khusus atlet profesional,” lanjut pernyataan tersebut.

“Sesuai dengan peraturan yang berlaku, LaLiga tidak akan menjalankan proses transfer jika Messi belum membayar klausul lepasnya,” tutup pernyataan tersebut.

Lalu, bagaimana nasib Lionel Messi selanjutnya?