Bola Internasional

Bukti Nyata Manchester United Rugi Besar Lepas Depay ke Lyon

Senin, 7 September 2020 08:37 WIB
Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Getty Images
Keputusan hengkang dari Manchester United ke Lyon rupanya berbuah manis bagi Memphis Depay, yang kini sukses membuktikan kualitasnya. Copyright: © Getty Images
Keputusan hengkang dari Manchester United ke Lyon rupanya berbuah manis bagi Memphis Depay, yang kini sukses membuktikan kualitasnya.

INDOSPORT.COM - Keputusan hengkang dari Manchester United ke Lyon rupanya berbuah manis bagi Memphis Depay, yang kini sukses membuktikan kualitasnya.

Saat Louis van Gaal menjadi pelatih Manchester United, Memphis Depay adalah salah satu pemain yang ia rekrut. Statistik gemilang di usia muda saat memperkuat PSV membuat Van Gaal jatuh hati dan merekrutnya.

Saking percayanya dengan kualitas Depay, Manchester United pun langsung memberikan jersey bernomor punggung 7 untuk , yang notabene angka keramat karena pernah digunakan pemain top semisal David Beckham dan Cristiano Ronaldo.

Sayang, ekpektasi yang diberikan kepada Depay tak memenuhi harapan. Meskipun memiliki kemampuan di atas rata-rata, gaya kehidupan malam pemain asal Belanda itu kerap membuatnya tidak dalam kondisi fit saat latihan maupun bertanding.

Akibat hal itu, ia pun jarang dimainkan oleh Van Gaal. Puncaknya, pada musim 2016/17 (tahun kedua Depay di Manchester United), ia total hanya tampil sebanyak empat kali di Liga Primer Inggris.

Tak ingin hanya menjadi penghangat bangku cadangan, Depay pun memutuskan hijrah ke klub Ligue 1 Prancis, Lyon di pertengahan musim 2016/17. Di klub barunya tersebut, Depay berhasil rutin mengisi starting XI.

Bersama Lyon, Depay kembali membuktikan bahwa dia adalah pemain berkualitas dan menjelma jadi mesin pencetak gol andalan. Dari total 103 penampilannya di Ligue 1 bersama Lyon, Depay sukses mengoleksi 46 gol.

Hebatnya, di antara 46 gol yang telah dibuat oleh Depay tersebut, 6 di antaranya dihasilkan dari dua pertandingan alias hattrick. Dua pertandingan itu yakni ketika Lyon menghadapi Troyes dan OGC Nice di pekan ke-10 dan pekan ke-38 Ligue 1 2017/18.

Dengan catatan impresif seperti itu, Manchester United pasti hanya bisa gigit jari melihat performa mantan pemainnya yang terus meningkat.

Depay sendiri saat ini masih berstatus pemain Lyon. Namun, rumor beredar jika ia tengah ditaksir Barcelona, yang saat ini dilatih oleh mantan arsitek Timnas Belanda, Ronald Koeman.