Bola Internasional

Breaking News! Eks Pelatih Timnas Indonesia Alfred Riedl Meninggal Dunia

Selasa, 8 September 2020 18:41 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon, Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Vichan Poti/Pacific Press/LightRocket via Getty Images
Alfred Riedl, mantan pelatih Timnas Indonesia Copyright: © Vichan Poti/Pacific Press/LightRocket via Getty Images
Alfred Riedl, mantan pelatih Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM – Kabar duka menghampiri sepak bola Indonesia. Alfred Riedl yang pernah menjadi pelatih Timnas Indonesia meninggal dunia pada Senin (07/09/20) malam waktu setempat.

Kabar meninggalnya pelatih berkebangsaan Austria ini diungkapkan pertama kali oleh media 24Sports, yang melaporkan Alfred wafat pada usia 70 tahun.

Mantan asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal, juga mengonfirmasi wafatnya Alfred Riedl. Ia mengatakan sejauh ini belum ada informasi detail mengenai penyebab meninggalnya sang pelatih dan tengah menunggu informasi lanjutan dari pihak keluarga.

"Info detail belum ada, istrinya bilang akan hubungi saya besok," tutup Wolgang Pikal.

Sosok Alfred Riedl sendiri sangat dekat dengan persepakbolaan tanah air, lantaran dia tercatat menukangi Timnas Indonesia dalam tiga periode berbeda, yakni 2010-2011, 2013-2014, dan 2016-2017.

Pencapaian terbaiknya saat menukangi Timnas Indonesia adalah ketika membawa tim Merah Putih finis sebagai runner up di Piala AFF 2010 dan 2016.

Selanjutnya, Alfred sendiri nyaris menjadi pelatih klub Liga 1, Persebaya karena dia harus harus menjalani operasi bypass jantung pada Oktober 2019 silam.

Alfred juga merupakan mantan pelatih timnas Austria dari sejak 31 Oktober 1990 hingga 9 Oktober  1991. Dia mengawal tim dalam delapan pertandingan internasional, dengan satu kali menang, tiga kali seri, dan empat kali kalah.

Selain di Austria dan Indonesia, Riedl juga pernah melatih sejumlah timnas Asia, seperti di Iran, Vietnam, Palestina, Laos dan Liechtenstein.

Semua jasa Alfred Rield di Indonesia akan selalu dikenang, baik gaya kepelatihannya hingga prestasinya. Selamat jalan coach!