Liga Indonesia

Gelandang Persib Zulham Zamrun Mengaku Sempat Memilih Menjadi Penjaga Gawang

Rabu, 9 September 2020 23:52 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Yosef Bayu Anangga
© persib.co.id
Gelandang klub Liga 2 Persib Bandung, Zulham Zamrun, ternyata punya bakat menjadi penjaga gawang. Copyright: © persib.co.id
Gelandang klub Liga 2 Persib Bandung, Zulham Zamrun, ternyata punya bakat menjadi penjaga gawang.

INDOSPORT.COM - Gelandang klub Liga 1 Persib Bandung, Zulham Zamrun, ternyata punya bakat menjadi penjaga gawang, lantaran itulah posisi pertamanya saat pertama menjadi pemain sepak bola.

Namun, pemain asal Ternate ini merasa postur tubuhnya tidak ideal untuk menjadi seorang penjaga gawang. Sehingga, posisi tersebut ditinggalkan olehnya dan memilih fokus untuk menjadi gelandang serang.

"Sebenarnya sih dulu, mulai jadi pesepak bola itu dimulai menjadi seorang penjaga gawang, cuma enggak keterusan. Karena saya pikir postur saya tidak terlalu tinggi, jadi beralih ke pemain menyerang saja, tapi untuk dasar dasar kiper saya sudah punya dan miliki," ucap Zulham Zamrun.

Pengalamannya menjadi penjaga gawang saat pertama kali terjun sebagai pesepak bola, membuat Zulham beberapa waktu lalu di kompetisi Liga 1 2019 berani untuk menggantikan posisi kiper PSM Makassar.

Saat itu, PSM yang tandang menghadapi Semen Padang di Stadion Haji Agus Salim, 23 September 2019 lalu, harus kehilangan Rivky Mokodompit yang cedera usai berbenturan dengan Karl Max Barthelemy, kemudian penggantinya Hery Prasetyo juga cedera.

"Seperti kemarin di PSM saya berani ditunjuk sebagai penjaga gawang, karena penjaga gawangnya cedera dan kartu merah. Mungkin sekarang di Indonesia sudah pada tahu itu menjadi alternatif sebuah klub apabila ada penjaga gawang yang cedera atau sakit, saya selalu siap," ungkap Zulham.

Pemain yang menjadi top skor pada turnamen Piala Presiden 2015 ini menuturkan memiliki idola penjaga gawang yang juga menjadi inspirasinya untuk bermain di posisi tersebut, yakni mantan kiper Persiter Ternate, Mukhlis Sahrun dan penjaga gawang Persib Bandung, I Made Wirawan.

"Penjaga gawang saya kalau lihat dari penampilan ya Bang Made Wirawan, tapi kalau pribadi ada satu legend di Ternate, saya selalu melihat dia, Mukhlis Sahrun mantan pemain Persiter Ternate," ucapnya.

"Kalau dari skill saya cenderung ke Muklis Sahrun, karena dia lebih gesit. Kalau dari penampilan ke Bang Made. Enak saja dipandang kalau menjaga di bawah mistar dan semuanya," jelasnya.

Sementara itu, jika kembali diberi kesempatan untuk bermain sebagai penjaga gawang di tim Persib Bandung, Zulham Zamrun mengaku siap dan akan berusaha menampilkan permainan terbaiknya.