In-depth

Didominasi Klub Timur, Deretan Pemain Asing yang Telah Hilang dari Liga 1 2020

Kamis, 10 September 2020 13:48 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Ian Setiawan/INDOSPORT
Krisis finansial yang menimpa klub-klub Liga 1 2020 akibat pandemi virus corona serta kebijakan aturan gaji dari PSSI berdampak pada mundurnya sejumlah pemain a Copyright: © Ian Setiawan/INDOSPORT
Krisis finansial yang menimpa klub-klub Liga 1 2020 akibat pandemi virus corona serta kebijakan aturan gaji dari PSSI berdampak pada mundurnya sejumlah pemain a

INDOSPORT.COM - Krisis finansial yang menimpa klub-klub Liga 1 2020 akibat pandemi virus corona serta kebijakan aturan gaji dari PSSI berdampak pada mundurnya sejumlah pemain asing.

PSSI dan PT LIB memutuskan untuk kembali melanjutkan kompetisi Liga 1 2020 pada bulan Oktober mendatang. Namun, lanjutan kompetisi ini menimbulkan polemik terutama dalam hal pemotongan gaji.

Seperti diketahui, PSSI mengizinkan klub untuk memotong gaji para pemain dan pelatihnya maksimal 50 persen. Hal ini pun membuat keberatan sejumlah pemain, terutama legiun asing, di klubnya masing-masing.

Akhirnya, sejumlah pemain hengkang karena tak menemui kesepakatan soal kontrak dan gaji. Setidaknya saat ini ada lebih dari enam pemain asing yang telah menyatakan hengkang dari klubnya masing-masing.

Sebagian, ada pula yang memutuskan 'hilang' dari Liga 1 karena alasan lainnya. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Jonathan Bauman dan Oh In-Kyun (Arema FC)

© Ian Setiawan/INDOSPORT
Jonathan Bauman, pemain anyar Arema FC untuk Liga 1 2020. Copyright: Ian Setiawan/INDOSPORTJonathan Bauman, pemain anyar Arema FC untuk Liga 1 2020.

Sebelum lanjutan Liga 1 2020 resmi bergulir, Arema FC ditinggal pemain asingnya, Jonathan Bauman. Keputusan itu disampaikan Bauman lewat instagram resmi pribadinya @jonibauman.

Sama seperti pelatih Mario Gomez, kepergian Jonathan Bauman tak lain adalah karena persoalan renegosiasi gaji yang berubah karena dampak COVID-19.

Jonathan Bauman sudah tak terlihat pada latihan awal Agustus lalu. Sementara itu, pemain asing Asia Arema, Oh In-Kyun, secara mengejutkan memutuskan untuk pensiun sebagai pemian profesional.

2. Arthur Cunha dan Sylvano Comvalius (Perispura)

© Instagram/Arthur Cunha
Bek Persipura asal Brasil, Arthur Cunha da Rocha. Copyright: Instagram/Arthur CunhaBek Persipura asal Brasil, Arthur Cunha da Rocha.

Klub Liga 1 2020, Persipura Jayapura, harus ditinggal dua pemain asingnya sekaligus. Setelah ditinggal oleh Sylvano Comvalius, pemain Brasil, Arthur Cunha, resmi pamit dari skuat Mutiara Hitam.

Sebelumnya, Sylvano Comvalius telah meninggalkan bumi Papua untuk bergabung dengan klub Malta, Sliema wanderers. Kabar itu dikonfirmasi langsung oleh instagram klub Marta tersebut.

Sementara kepergian Arthur Cunha da Rocha dari Persipura Jayapura dikonfirmasi langsung melalui unggahan di akun instagram resmi klub Persipura @persipurapapua1963.

Dalam unggahannya, tertera pernyataan Arthur yang mengaku telah mencapai kesepakatan dengan presiden dan seluruh staf untuk meninggalkan klub. Keduanya memang sudah tak terlihat sejak dua minggu Persipura latihan.

3. Patteri Pennanen (Tira Persikabo)

Gelandang asing klub Tira Persikabo, Petteri Pennanen, resmi mengundurkan diri dari tim pada bulan Juli 2020 lalu. Pennanen beralasan dirinya tak sabar untuk menunggu keputusan otoritas sepak bola Indonesia untuk melanjutkan liga.

Meski begitu, ada indikasi dirinya ingin hengkang karena enggan dengan aturan renegosiasi kontrak dan gaji baru yang dibuat PSSI sebagai dampak COVID-19.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
50%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
50%